Perilaku Agresif Dan Sopan Santun Anak Orang Tua Tunggal di SDS IT Cinta Islam Padang
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4406Abstract
Keluarga bertanggung jawab terhadap pendidikan anak sejak dini. Fungsi pendidikan dan fungsi ekonomi dalam keluarga tidak dapat dipisahkan. Peneliti melakukan observasi dengan wali kelas IIIA di SDS IT Cinta Islam Padang Siswa tersebut merupakan korban perceraian dari orang tuanya. Dan juga siswa tidak tinggal dengan salah satu orang tuanya, namun tinggal dengan nenek. Sehingga ditemukan sikap penyimpangan oleh siswa tersebut. Selain itu peneliti juga menemukan tingkah laku agresif. Berdasarkan pertimbangan diatas peneliti tertarik untuk meneliti perilaku agresif anak sekolah dasar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif untuk penelitian berkaitan dengan penilaian subyektif dari sikap, pendapat dan perilaku. Jenis penelitian studi kasus, metode untuk menghimpun dan menganalisis data berkenaan dengan sesuatu kasus. Berdasarkan hasil penelitian terdapat Faktor-faktor yang mempengaruhi sopan santun anak, yaitu faktor orang tua, lingkungan,dan sekolah di SDS IT Cinta Islam Padang. Sedangkan bila pasangan suami istri yang bercerai sudah mempunyai anak yaitu dampak psikologisnya, apabila anak tersebut masih kecil maka tidak baik terhadap perkembangan jiwa si anak.
Keywords:
perilaku agresif, sopan santun, Orang tua tunggalDownloads
References
Ahyar, Hardani, Universitas Sebelas Maret, Helmina Andriani, Dhika Juliana Sukmana, M.Si. Hardani, S.Pd., Grad. Cert. Biotech Nur Hikmatul Auliya, et al. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Universitas Gadjah Mada
Brek, Y., & Lombogia, R. A. (2021). Pastoral Konseling Sebagai Sarana Preventif Perceraian. Poimen Jurnal Pastoral Konseling, 2(2), 41-64.
Dini, J. P. A. U. (2021). Penanaman sikap sopan santun dalam budaya jawa pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2059-2070.
Djuwita, P. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 27-36. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.1.27-36.
Fradisa, L., Primal, D., & Gustira, I. (2022). Hubungan Tingkat Stres Dengan Pola Tidur Mahasiswa Keperawatan Dalam Menyusun Skripsi Di Universitas Perintis Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1246-1251.
Hasanah, U. (2020). Pengaruh perceraian orangtua bagi psikologis anak. Agenda: Jurnal Analisis Gender dan Agama, 2(1), 18-24. https://doi.org/10.31958/agenda.v2i1.1983.
Indriyana, P., & Lestari, R. (2019). Perilaku agresif pada anak sekolah dasar (Doctoral dissertation, Universitas muhammadiyah surakarta).
Longino, H. E. (2013). Studying human behavior. In Studying Human Behavior. University of Chicago Press.
Meyer, J. H., Wilson, A. A., Rusjan, P., Clark, M., Houle, S., Woodside, S., ... & Colleton, M. (2008). Serotonin2A receptor binding potential in people with aggressive and violent behaviour. Journal of Psychiatry and Neuroscience, 33(6), 499-508.
Nadhirah, Y. F. (2017). Perilaku agresi pada anak usia dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 141-154.
Pertiwi, H. (2020). Menumbuhkan Sikap Sopan Santun Dalam Kehidupan Sehari–Hari Melalui Layanan Klasikal Bimbingan Dan Konseling Kelas XI SMA Negeri 3 Sukadana. Jurnal Inovasi Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 65-69.. https://doi.org/10.30872/ibk.v2i2.652.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&d. Bandung: Alfabeta.
Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.
Suryani, L. (2017). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(1), 112-124.
Susantyo, B. (2011). Memahami perilaku agresif: Sebuah tinjauan konseptual. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 16(3).. https://doi.org/10.33007/inf.v16i3.48.
Untari, I., Putri, K. P. D., & Hafiduddin, M. (2018). Dampak perceraian orang tua terhadap kesehatan psikologis remaja. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 15(2), 106.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dina Erina Nasution, Elsa Wahyuni, Miranda, Yanti Fitria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work