Penggunaan Model Pembelajaran Bermain Kolase Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3201Abstract
Motorik halus pada anak memiliki fungsi yang sangat penting untuk perkembangan anak dimasa depannya. Kemampuan anak dalam memindahkan benda dari tangan, mencoret-coret, menyusun balok, menggunting, dan menulis merupakan parameter motorik halusnya berkembang secara oftimal. Namun kenyataannya tidak semua motorik halus siswa di RA Siti Khadijah berkembang secara oftimal. Penggunaan model pembelajaran bermain kolase diharapkan mampu meningkatkan kemampuan motorik halus siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa Raudhatul Atfal (RA) Siti Khadijah sejumlah 22 orang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi sementara analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan memperlihatkan bahwa model pembelajaran bermain kolase dapat meningkatkan motorik halus siswa.
Keywords:
Bermain Kolase, Motorik HalusDownloads
References
Ansori, Y. Z. (2020). Penguatan Karakter Disiplin Siswa Melalui Peranan Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 126-135.
https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/2121
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Dewi, Rosmala. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Pasca Sarjana Unimed.
Dinehart & Manfra. (2013). Associations Between Low-Income Children’s Fine Motor Skills in Preschool and Academic Performance in Second Grad. Early Education and Development, 24: 138–161 https://www.researchgate.net/publication/259841178
Gunarti, Winda, dkk (2008). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hurlock, E, B. (2013). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Jalil, Jasman. (2014). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Muarifah, Alif, dkk .(2018). Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak: Jurnal CARE 5 (2) Januari 2018. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/3105
Nabila, Fahira, (2021). Pengaruh Kolase terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4, No 2 https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/5851
Owens, Angela. (2008). Supporting Children Development (Fine Motor Skills). Putting Children First, The Magazine of The National Childcare Accreditation Council (NCAC) Issue 28 Desember 2008: 3-5 https://allesinbeweging.net/storage/2494/2008
Praptiwi, Wahyu, dkk. (2022) Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Kolase Dari Kain Perca Pada Anak Usia 4-5 Tahun, Jurnal Exponential: Volume 3 Nomor 1 Maret 2022. file:///C:/Users/ACER/Downloads/ramdhan,+3490-8468-1-CE%20(2).pdf
Puspitasari, Neng Riska (2018) Penggunaan Teknik Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Paud Warci Jaya Tahun Ajaran 2017-2018. Jurnal Utile https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/245
Pura, Dwi Nomi (2019) Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 2019, Vol. 4 (2), 131-140. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/7671
Sumantri. (2005). Model Pengembangan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Susenia, Made (2021) Implementasi Metode Kolase Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Kumarottama: Volume 1 Nomor 1 2021. https://media.neliti.com/media/publications/347238-implementasi-metode-kolase-dalam-meningk-f6a66522.pdf
Wiguna, I. (2020). Pola Asuh Dalam Penumbuhkembangan Karakter Toleransi Anak Usia Dini Dilingkungan Minoritas. Prosiding STHD Klaten Jawa Tengah. https://prosiding.sthd-jateng.ac.id/index.php/psthd/article/view/36
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ema Hermawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work