PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.290Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi kelas XI IPS 1 melalui penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing (Bola Salju) pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Temon Tahun Ajaran 2020/2020. Melalui metode Snowball Throwing ini diharapkan siswa mampu mencapai tujuan peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua tahapan siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Jalaksana yang berjumlah 31 siswa. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila 75% siswa aktif terlibat dalam pembelajaran dan juga terjadi peningkatan hasil belajar pada tiap siklus melalui post test dan apabila 75% siswa dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode Snowball Throwing di kelas XI IPS 1 skor aktivitas belajar siswa pada masing-masing indikator secara keseluruhan meningkat 10%, dari rata-rata siklus I sebesar 71% menjadi 81% pada siklus II. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebanyak 22 siswa (71%) menjadi 25 siswa (81%) yang mencapai nilai KKM pada siklus II.
Keywords:
Snowball Throwing, Hasil Belajar, EkonomiDownloads
References
Agustini, PMS. (2016). Penerapan Model Pembelarajan Kooperatif Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Aktivitas Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun 2016/2017. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 8(3), 1-12.
Hadi, S. (2004). Metodologi Reseach Jilid 3. Yogyakarta : Andi
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nurlaili, F., & Sulastri, D. (2019). Implementasi Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Minat Dan Aktivitas Belajar Ekonomi. Progress, 2(2), 185-201. Retrieved from http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/progress/article/view/618
Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT remaja Rosdikarya.
Raudah, R., & Mariani, I. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Ekonomi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Kelas VIII MTS Hidayatul Insan Palangka Raya. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 37-43. https://doi.org/10.33084/neraca.v4i1.520
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali pers.
Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Tampubolon, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sistem Pengembangan Profesi Pendidik Dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Sanjaya. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Pt Remaja Rosdakarya.
Suprijono, A. (2013). Coorperatif Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta :Pustaka Pelajar
Taniredja, T. Faridli, EM. & Harmianto, S. (2012). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work