PENERAPAN MODEL DIRECT INTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.287Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran dan kegiatan belajar dengan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) serta hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Jalaksana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom Action Research dengan metode deskriptif yang menggunakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap sebagai berikut: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru Biologi dan seluruh siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Jalaksana yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Sedangkan instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dan lembar tes. Lembar observasi digunakan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran dan belajar pada model pembelajaran langsung dan lembar tes digunakan untuk mendeskripsikan hasil belajar biologi siswa yang merupakan soal berupa pilihan ganda. Hasil analisis data observasi kegiatan pembelajaran oleh guru siklus 1 diperoleh rata-rata skor kegiatan belajar yaitu 16 pada siklus 1 dengan kategori cukup dan meningkat menjadi 21 pada siklus 2 dengan kategori baik. Pada siklus 1 nilai rata-rata kelas yaitu 68,64 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 56% (tidak tuntas) pada siklus 2 meningkat nilai rata-rata kelas menjadi 85,91 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 81% (tuntas). Disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran oleh guru dan kegiatan belajar oleh siswa serta hasil belajar biologi siswa dikelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Jalaksana.
Keywords:
direct intruction, hasil belajar, biologiDownloads
References
Arikunto, S.( 2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menegah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Eggen, P. dan D. Kauchak. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Febriani. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 1 Gunung Talang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa.
Fried, G.H. dan Hademenos. (2006). Biologi Edisi kedua. Jakarta: Erlangga.
Hamalik, O. (2012). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Kunandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.
Riyanto, Y. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : SIC.
Rohmah, U. N., Ansori, Y. Z., & Nahdi, D. S. (2019). Pendekatan Pembelajaran Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Majalengka , 471-478. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/68
Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evalusi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukmana, E. Lestari, R. & Karno, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tambusai Utara. Jurnal Mahasiswa Prodi Biologi, 2(1).
Trianto. (2011). Model- model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Utama, C. Kentjananingsih, S. & Rahayu, YS. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Biologi Sma Dengan Menggunakan Model Direct Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Sains, 1 (1), 29-39.
Yustimar. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Siswa Kelas V SDN 029 Rumbai Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work