MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE KOMPETISI DAN AKTIFITAS (KOMPAK)

Authors

  • Yayah Kusiah SMP Negeri 1 Maja

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.286

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu Untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menyusun Teks Cerita Fabel pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia  pada Murid Kelas VIII D SMP Negeri 1 Maja Kabupaten Majalengka melalui Kompetisi dan Aktifitas (Kompak) Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran kompetensi dasar “Menyususn Teks Fabel ” pada siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa : 1). Untuk meningkatkan penguasaan materi dapat dilakukan melalui media gambar dengan bukti pada pra siklus 55,16 siklus I 63,5 dan pada siklus II 86,5 2). Untuk meningkatkan aktifitas siswa dapat menggunakan media gambar  Hal ini ditunjukkan dengan semakin berkurangnya jumlah siswa yang tidak tuntas belajar pada masing-masing siklus, yaitu dari pra siklus 32 %, siklus I 46 % dan siklus II 100 %

Keywords:

hasil belajar, bahasa indonesia, kompetisi dan aktivitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ayuningrum, S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Aspek Keterampilan Berbahasa Melalui Model Pembelajaran Kreatif Produktif di SMK Islam PB. Soedirman 1. Jurnal Visipena, 8 (2), 351-372.

Darsino. (2018). Pembelajaran Kooperatif Model Kompak Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas VI SDN Gebangsari 02. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar”, 5(1), 57-66.

Kurniawan, H. (2015). Pemebelajaran Kreatif Kurikulum 2013. Jakarta: Prenada Group.

Kusumah & Dwitagama. (2010). Mengenal penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Rohmanurmeta, FM. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Sekolah Dasar. Bahastra, 37(1), 24-31.

Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Melaporkan Isi Buku Melalui Pendekatan Komunikatif Metode SQ2R Pada Siswa Kelas 6 SDN Kramat Sukoharjo 03 Jember. Pancaran, 3(3), hal 123-134.

Sukmadinata, NS. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT remaja Rosdakarya

Downloads

Abstract Views : 1806
Downloads Count: 2443

Published

2020-06-03

How to Cite

Kusiah, Y. . (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE KOMPETISI DAN AKTIFITAS (KOMPAK). Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 171–176. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.286

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.