Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Kontekstual Materi Makhluk Hidup Muatan Pelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2851Abstract
IPA adalah mata pelajaran yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam. Kelas IPA sekolah dasar mencakup materi praktis tentang pengetahuan dasar tentang alam. Sulitnya murid dalam memahami pelajaran IPA dikarenakan guru hanya berfokus pada materi yang ada pada buku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pendidikan scrapbook dan produk terkait materi makhluk hidup muatan terhadap siswa kelas 3 sekolah dasar guna mempermudah siswa dalam memahami pelajaran. Maka dari itu penerapan media Scrapbook sangat efektif agar siswa semakin mudah memahami pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) yang dilakukan pada SDN Cengkareng Barat 03 Pagi yang dilakukan pada jam pembelajaran IPA kelas III dan bersubject murid SD kelas III yang berjumlah 20 murid. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang sudah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil kajian menunjukkan kelancaran dalam penggunaan media Scrapbook. Siswa menyelesaikan total 20 kuesioner dengan rata-rata 4.25, rata-rata skor 4.5 diperoleh ahli materi, dan 4.9 diperoleh ahli media. Melalui penelitian ini diharapkan dapat membuat siswa semakin bersemangat untuk mempelajari pelajaran.
Keywords:
pengembangan, scrapbook, materi IPA, makhluk hidup muatanDownloads
References
Alfiah, A. N., Putra, N. M. D., & Subali, B. (2018). Media scrapbook sebagai jurnal refleksi untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan regulasi diri. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 3(1), 57–67.
Amalina, A. F. (2020). Pengembangan Media Scrapbook Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Muatan Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Syntax Admiration, 1(5), 468–478.
Asih, P. K., Hawanti, S., & Wijayanti, O. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook untuk Keterampilan Membaca. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 87–100.
Beding, V. O. (2021). Efektivitas Media Lagu Dalam Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Pribadi Siswa SMP. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 471–476.
Cahyani, I. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Dongeng Fabel Terhadap Minat Literasi siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2).
Chachil, K. et al. (2015) 'Interactive Multimedia-based Mobile Application for Learning Iban Language (I-MMAPS for Learning Iban Language)', Procedia - Social and Behavioral Sciences. Elsevier B.V., 167, pp. 267-273. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.673
Cholifah, T. N., & Fauziah, W. N. (2021). Pengembangan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(2), 185–194.
Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran scrapbook materi karangan deskripsi mata pelajaran bahasa indonesia kelas III sekolah dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).
Fatimah, H., & Bramastia, B. (n.d.). Literatur Review Pengembangan Media Pembelajaran Sains. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 124–130.
Fauziyah, S. L., & Norra, B. I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Vertebrata di Kelas X. Bioeduca: Journal of Biology Education, 2(1), 16–27.
Halisah, N., Maksum, A., & Wardhani, P. A. (2021). Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Muatan IPS SD. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(2), 131–140.
Herlenda, H., Syamswisna, S., & Marlina, R. (2020). Kelayakan Scrapbook Sub Materi Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati Indonesia. EduNaturalia: Jurnal Biologi Dan Kependidikan Biologi, 1(1), 8–13.
Kasdriyanto, D. Y., & Wardana, L. A. (2021). Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Picture And Picture Berorientasi Wawasan Kebangsaan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 271–278.
Laksono, A., & Widiyatmoko, A. (2022). Development of Science Digital Scrapbook as Authentic Assessment to Measure Learning Outcome of Junior High School Students. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(3), 451–467.
Lestari, N., Anjarini, T., & Ngazizah, N. (2022). Pengembangan Media Scapbook Berbasis Pemecahan Masalah pada Materi Struktur tumbuhan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 491–497.
Lukmanulhakim, L., & Uswatun, D. A. (2019). Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Di Kelas TinggI. Ummi, 13(1), 53–66.
Miarso, Y. (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan.Jakarta : Kencana.
Mufidah, R., & Sulaikho, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Meningkatkan Pemerolehan Mufrodat Siswa Kelas Iv Mi Sunan Bonang Mojokerto. Al-Lahjah, 3(2), 43–56.
Muktadir, A., Wardhani, P. A., Arif, A., & Wicaksono, J. W. (2020). Media Scrapbook Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 146–156.
Permana, I. M. J., & Sujana, I. W. (2021). Aplikasi Pembelajaran IPS Berbasis Pendekatan Konstektual. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 1–9.
Puriasih, K. A., & Putra, M. (2021). Pengembangan Media Scrapbook Model Dick and Carey Berorientasi Cerita Rakyat pada Muatan Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2).
Rahmawanti, N., Mashuri, M. T., & Nurjanah, N. (2019). Pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(2), 94–100.
Rambe, J. A., Erika, E., & Purba, N. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PKn Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Basicedu, 6(5), 7822–7830.
Rasyid, A. ., Mustari, M. ., Aziziy, Y. N. ., & Nahdi, D. S. (2022). Guided inquiry with sparkol videosribe in science learning: a study of students’ scientific attitudes. International Journal of Educational Innovation and Research, 1(1), 34–41. https://doi.org/10.31949/ijeir.v1i1.1899
Restuningtyas, R., Muslim, A. H., & Irianto, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Scrapbook Berbasis Model Problem Based Learning. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(2).
Sari, I. P., Yuliantini, N., & Tarmizi, P. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD Gugus X Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(3), 336–344.
Sari, L. P., Patimah, S., & Yusandika, A. D. (2019). Pengembangan Scrapbook Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 270–276.
Sunjaya, E. . (2022). Model Problem Based Instruction Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i1.5
Ulvaturrahmania, U. (2022). Pengembangan Media Scrapbook Materi Virus sebagai Suplemen Pembelajaran Kelas X SMA/MA Development of Virus Material Scrapbook Media as a Learning Supplement for Class X Sma/Ma. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 17(1).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 May Indri Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work