Manajemen Pembelajaran Sistem Sekolah Berasrama Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan

Authors

  • Hasim Adnani Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2812

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan mutu dari lulusan berdasarkan pelaksanaan sistem sekolah berasrama yang telah di implementasikan oleh SMP IT Aminul  Ummah.  Penelitian  ini  adalah penelitian kualitatif  deskriptif  yang  mendeskripsikan Sistem sekolah berasrama. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Aminul Ummah Garut dengan sumber data adalah kepala sekolah dan para guru. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan sistem sekolah berasrama ini disusun dan direncanakan dengan memadukan kurikulum Depdiknas dan Kurikulum keislaman. Pelaksanaan sistem sekolah berasrama telah sesuai dengan kurikulum yang telah disusun dalam perencanaan sebelumnya dengan beberapa inovasi pembelajaran yang telah teraplikasikan. Adapun evaluasi yang telah dilakukan oleh SMP IT Aminul Ummah Garut ini dibagi kedalam 2 jenis yaitu penilaian sistem sekolah   dan penilaian sistem asrama. Produk lulusan SMP IT Aminul Ummah merupakan tujuan utama dari seluruh proses pendidikan yang dilakukan. Mutu lulusan sekolah ini mampu mengimplementasikan keilmuannya serta mampu berdaya saing dalam segala aspek bidang seperti pendidikan, sosial, ekonomi dan kemasyarakatan.

Keywords:

Sistem Sekolah Berasrama, Mutu Lulusan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ading, A. (2022). Penerapan Supervisi Akademik Kepala Sekolah: Studi Tentang Kompetensi Pedagogik Guru. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 47–52. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i2.17

Apud, A. (2019). Penguatan Karakter Santri Di Sekolah Berasrama. In Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language: The Education and 4.0 Industrial Era in Islamic Perspective (pp. 373-384).

Bachri, B. S. (2010). Implementasi Pengembangan Content Curriculum dalam Proses Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(0).

Dacholfany, M. I. (2017). Inisiasi strategi manajemen lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia islami di Indonesia dalam menghadapi era globalisasi. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(01).

Darmaji, D., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Internal sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 3(3), 130-136.

Hasnadi, H. (2019). Perencanaan Sumber Daya Manusia Pendidikan. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 141-148.

Heryawan, A. . (2022). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Manajemen Kelas Guru Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 80–86. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i2.22

Indaryatno, A., & Muchtar, H. S. (2020). Manajemen Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan. Nusantara Education Review, 3(1), 1-12.

Krisnawati, F. (2018). Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Sd Negeri 2 Pringsewu Barat. Parameter, 3(1).

Makhmudah, S. (2013). Optimalisasi Program Pembelajaran Boarding School Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Siswa Di SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(1), 348-363.

Munir, M. (2016). Kultur asrama berbasis sekolah sebagai pusat pembinaan karakter (Studi kasus di SMPIT Al-Furqon Palembang). Intizar, 22(2), 281-296.

Muzari, M., & Sembodo, S. P. (2020). Sistem Manajemen Kepala Sekolah dan Wali Asrama dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 88-100.

Permana, W. A. (2020). Manajemen Rekrutmen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan‎. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 83-96.

Pramulyani, N. (2019). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Madrasah Ibtidaiyah. MADROSATUNA: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 1-10.

Rambe, A. I. S., Nasution, P., & Yusri, D. (2020). Perencanaan Strategis Dalam Upaya Peningkatan Mutu Lulusan Di Mts Darul Ilmi Pangkalan Berandan. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 69-81.

Sauri, R. S., Hidayat, A. N., & Rostini, D. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Peningkatan Mutu Hasil Pendidikan Di Universitas Islam Nusantara Bandung. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 131-144.

Sudiarthi, T. . (2022). Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 74–79. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i2.21

Suryana, Y., & Ismi, F. M. (2019). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 257-266.

Tien, Y. C. (2015). Manajemen peningkatan mutu lulusan. Manajer Pendidikan, 9(4).

Warsita, B. (2013). Evaluasi media pembelajaran sebagai pengendalian kualitas. Jurnal Teknodik, 092-101.

Downloads

Abstract Views : 496
Downloads Count: 414

Published

2022-09-24

How to Cite

Adnani, H. (2022). Manajemen Pembelajaran Sistem Sekolah Berasrama Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1011–1016. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2812

Similar Articles

<< < 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.