Manajemen Pembelajaran Sistem Sekolah Berasrama Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2812Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan mutu dari lulusan berdasarkan pelaksanaan sistem sekolah berasrama yang telah di implementasikan oleh SMP IT Aminul Ummah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan Sistem sekolah berasrama. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Aminul Ummah Garut dengan sumber data adalah kepala sekolah dan para guru. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan sistem sekolah berasrama ini disusun dan direncanakan dengan memadukan kurikulum Depdiknas dan Kurikulum keislaman. Pelaksanaan sistem sekolah berasrama telah sesuai dengan kurikulum yang telah disusun dalam perencanaan sebelumnya dengan beberapa inovasi pembelajaran yang telah teraplikasikan. Adapun evaluasi yang telah dilakukan oleh SMP IT Aminul Ummah Garut ini dibagi kedalam 2 jenis yaitu penilaian sistem sekolah dan penilaian sistem asrama. Produk lulusan SMP IT Aminul Ummah merupakan tujuan utama dari seluruh proses pendidikan yang dilakukan. Mutu lulusan sekolah ini mampu mengimplementasikan keilmuannya serta mampu berdaya saing dalam segala aspek bidang seperti pendidikan, sosial, ekonomi dan kemasyarakatan.
Keywords:
Sistem Sekolah Berasrama, Mutu LulusanDownloads
References
Ading, A. (2022). Penerapan Supervisi Akademik Kepala Sekolah: Studi Tentang Kompetensi Pedagogik Guru. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 47–52. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i2.17
Apud, A. (2019). Penguatan Karakter Santri Di Sekolah Berasrama. In Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language: The Education and 4.0 Industrial Era in Islamic Perspective (pp. 373-384).
Bachri, B. S. (2010). Implementasi Pengembangan Content Curriculum dalam Proses Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(0).
Dacholfany, M. I. (2017). Inisiasi strategi manajemen lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia islami di Indonesia dalam menghadapi era globalisasi. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(01).
Darmaji, D., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Internal sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 3(3), 130-136.
Hasnadi, H. (2019). Perencanaan Sumber Daya Manusia Pendidikan. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 141-148.
Heryawan, A. . (2022). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Manajemen Kelas Guru Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 80–86. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i2.22
Indaryatno, A., & Muchtar, H. S. (2020). Manajemen Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan. Nusantara Education Review, 3(1), 1-12.
Krisnawati, F. (2018). Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Sd Negeri 2 Pringsewu Barat. Parameter, 3(1).
Makhmudah, S. (2013). Optimalisasi Program Pembelajaran Boarding School Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Siswa Di SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(1), 348-363.
Munir, M. (2016). Kultur asrama berbasis sekolah sebagai pusat pembinaan karakter (Studi kasus di SMPIT Al-Furqon Palembang). Intizar, 22(2), 281-296.
Muzari, M., & Sembodo, S. P. (2020). Sistem Manajemen Kepala Sekolah dan Wali Asrama dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 88-100.
Permana, W. A. (2020). Manajemen Rekrutmen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 83-96.
Pramulyani, N. (2019). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Madrasah Ibtidaiyah. MADROSATUNA: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 1-10.
Rambe, A. I. S., Nasution, P., & Yusri, D. (2020). Perencanaan Strategis Dalam Upaya Peningkatan Mutu Lulusan Di Mts Darul Ilmi Pangkalan Berandan. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 69-81.
Sauri, R. S., Hidayat, A. N., & Rostini, D. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Peningkatan Mutu Hasil Pendidikan Di Universitas Islam Nusantara Bandung. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 131-144.
Sudiarthi, T. . (2022). Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 74–79. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i2.21
Suryana, Y., & Ismi, F. M. (2019). Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 257-266.
Tien, Y. C. (2015). Manajemen peningkatan mutu lulusan. Manajer Pendidikan, 9(4).
Warsita, B. (2013). Evaluasi media pembelajaran sebagai pengendalian kualitas. Jurnal Teknodik, 092-101.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hasim Adnani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work