Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Tema Sehat Itu Penting di Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2538Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini dikarenakan dalam proses pembelajaran yang kurang menarik serta variatif dari segi media pembelajaran, kemudian pembelajaran dilakukan cenderung dengan konvensial. Solusi dari permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran tema 4 sehat itu penting subtema 1 peredaran darah ku sehat Pembelajaran 1, 2, dan 3 pada mata pelajaran IPA. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media komik yang valid serta membantu dalam memudahkan siswa mempelajari materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development). Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket pertanyaan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media komik yang dikembangkan layak digunakan, dibuktikan dengan data hasil validasi oleh ahli materi mempeoleh persentase 96,4% dengan kategori sangat layak, hasil validasi oleh ahli media mempeoleh persentase 88,3% dengan kategori layak, dan hasil validasi oleh ahli bahasa mempeoleh persentase 95,8% dengan kategori sangat layak, serta hasil respon siswa terhadap media komik pembelajaran memperoleh persentase 97,5% dengan kategori sangat positif.
Keywords:
Pengembangan, Media Komik, validasiDownloads
References
Abdul, W. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5 (2).
Ahmad, R. M & Khurin’In, R. (2019). Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 01 (02), 100-109.
Akmal, R & Yurmianti. (2021). Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Carubon: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4 (2), 79-90.
Ambaryani & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan Media Komik untuk Efektivitas dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3 (1), 19-28.
Ani, W & Anti, K. P. (2015). Pengembangan Media Komik IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1 (1), 24-35.
Aprida, P & Muhammad, D. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dhita, A. P & Tri, N. Y. (2018). Pengembangan Media Komik Matematika pada Materi Pecahan untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5 (1), 79-90.
Fani, O & Rifda, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal of Basic Education Studies, 3 (2), 542-549.
Freddy, W. A. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Masalah untuk Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 22-33.
Hariadi, S. (2019). Best Practice Implementasi Media Pembelajaran Berbasis TIK Teks Wawancara Bahasa Jawa Berbasis Blended Learning pada Siswa Kelas VIII. Yogyakarta: Diva Press.
Ifan, J. (2019). Proses Pembelajaran yang Efektif. JISAMAR: Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3 (2), 19-25.
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Edisi: Jurnal Edukasi dan Sains, 3 (2), 312-325.
Maharsi, I. (2020). Komik Kreatif tanpa Batas. Yogyakarta: Kata Buku.
Nursina, S & Tursina, R. (2021). Pengembangan Media Komik Bermuatan IPA Berbasis Model Inquiri Terbimbing dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (6), 6185-6195.
Rahmati, R. (2020). Application Of Comic Media To Improve Learning Outcomes And Educational Affective Students On Straight Motion Material In Class Viii Smp Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan, 1(2), 27-36.
Sudjana, N & Ahmad, R. (2011). Media Pemgajaran. Bandung: CV Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Talizaro, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2 (2), 103-114.
Ubabuddin. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif, 5 (1), 18-27.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Silvia Meirisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work