Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2297Abstract
Latar belakang pendidikan orang tua menjadi tolak ukur keberhasilan siswa disekolah, semakin tinggi pendidikan orang tua maka keberhasilan siswa juga akan semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV MI Nurul Huda Kapuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian survey. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling jenis sampel jenuh. Peneliti memperoleh sampel yang diambil adalah kelas IV-A sebanyak 33 peserta didik. Uji validitas menggunakan rumus product moment. Pada soal kuesioner terdapat 25 soal valid dari 30 soal yang telah diujikan. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach dan diperoleh ri > rtabel (0,928 > 0,396), sehingga instrumen dikatakan reliabel. Penelitian ini tidak mengunakan uji prasyarat analisis karena data yang diperoleh berbentuk nominal dan analisis katagorisasi, sehingga perhitungan data termasuk menggunakan statistika nonparametris dengan Uji Chi-Kuadrat. Uji hipotesis menggunakan uji chi-kuadrat dan didapatkan nilai X2hitung < X2tabel (1,273 < 5,991), maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV MI Nurul Huda Kapuk.
Keywords:
pendidikan orang tua, hasil belajar, IPSDownloads
References
Hasbullah, D. (2017). dasar dasar Ilmu Pendidikan, edisi revisi. In Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh media Kahoot dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 3(1), 46–50.
Mularsih, H. & H. K. (2017). (2017). Belajar dan Pembelajaran. In Depok: Raja Grafindo Persada.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari Ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–210.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.
Puspitaningtyas, D. Z. P. (2015). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orangtua terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Ngemplak Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.
Reskia, S., Herlina, H., & Zulnuraini, Z. (2014). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa di SDN Inpres 1 Birobuli. Jurnal Dikdas, 2(2).
Sinar, D. (2018). Metode active learning. Yogyakarta, Indonesia: Deepublish.
Sugiyono, prof D. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D edisi kedua. CV. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono, prof D. (2019b). Statistika untuk penelitian cetakan ke-30. In Bandung: CV. Alfabeta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work