Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Akademik Siswa Sekolah Dasar di Daerah Pinggiran
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2131Abstract
Studi awal menunjukkan bahwa siswa di sekolah pinggiran cenderung memiliki kemampuan akademik yang rendah. Salah satu indikatornya adalah kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah pinggiran lebih rendah jika dibandingkan dengan sekolah di daerah perkotaan. Faktor penyebab rendahnya kemampuan akademik siswa perlu diteliti secara mendalam. Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian adalah dua sekolah dasar di kawasan Geopark Rinjani. Informan dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah dan orang tua siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Data disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menemukan beberapa faktor yang diduga kuat menjadi penyebab rendahnya kemampuan akademik siswa. Faktor-faktor tersebut antara lain kurangnya dukungan orang tua, rendahnya kemandirian belajar siswa, tantangan alam yang cukup berat, kurangnya fasilitas belajar yang dimiliki siswa, keterbatasan sumberdaya manusia yang dimiliki sekolah dan rendahnya etos belajar siswa. Berbagai faktor tersebut harus segera dicarikan solusinya agar permasalahan rendahnya kemampuan akademik siswa di sekolah pinggiran dapat diselesaikan. Melalui penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan dalam perumusan kebijakan pemerintah daerah dalam bidang peningkatan kualitas pendidikan
Keywords:
kemampuan akademik, sekolah pinggiranDownloads
References
Bakhtiar, S. (2014). Strategi Pembelajaran, Lokasi Sekolah, dan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 127–133.
Basri, S. (2012). Prestasi akademik ditinjau dari kemampuan literasi media. Jurnal Dakwah, XIII(1), 15–38. https://doi.org/10.1111/j.1365-313X.2010.04387.x
Bidjai, T., & Aimang, H. A. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di MTs Miftahul Ulum Tataba. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 2(2), 76–83.
Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Psikosain.
Farmasari, S., Mahyuni, Baharuddin, Wardana, L. A., & Junaidi, A. (2021). Maksimalisasi Penggunaaan Flash Card untuk Penguatan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SMP Pinggiran Di Kota Mataram. Darma Diksani: JurnalPengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 1(1), 78–88.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, N. M., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kiptiah, M. (2020). Potret Kemandirian Siswa Sekolah Dasar Pinggiran Sungai Di Kota Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 31–34.
Kiptiah, M., & Ruchliyadi, D. A. (2020). Implementasi Karakter Kemandirian Siswa Di Sekolah Dasar Pinggiran Sungai Kota Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 116–123. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.10723
Setiawan, T. H., & Aden, A. (2020). Efektifitas Penerapan Blended Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Akademik Mahasiswa Melalui Jejaring Schoology Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.p%25p
Susilo, B., Efendi, R., & Maizora, S. (2018). Membangun Pembelajara Berbasis Web (E-Learning) Bagi Guru Sekolah Dasar Pinggiran Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Berdikari: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 21–26.
Wahyono, Bayu, S., Hardianto, D., & Nugroho, A. A. (2014). Pengembangan Model Belajar Untuk Meningkatkan Etos Belajar Siswa Sekolah Menengah Di Daerah Pinggiran Provinsi DIY. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 7(1).
Wahyono, S. B., Hardianto, D., & Ambarwati, U. (2013). Etos Belajar Siswa Sekolah Di Daerah Pinggiran. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(1), 31–45. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i1.4739
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Umar Umar, Arif Widodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work