Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen secara Luring Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2067Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pendidikan pada Pandemi Covid-19 yang memaksa dunia pendidikan untuk dapat melakukan pembelajaran diluar kebiasaan yang sebelumnya, untuk membantu pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran PAK di SMP Negeri 1 Tabukan Selatan selama masa pandemi karena tidak terdapatnya jaringan dan pembelajaran tetap dilakukan luring tapi dengan pengurangan waktu dan media terbatas pada buku dan papan tulis yang membuat siswa mudah bosan. Waktu 30 menit dalam satu kali pertemuan tidak cukup apalagi jika hanya menggunakan metode ceramah yang berpusat pada guru, karena tidak adanya diskusi yang membuat siswa lebih aktif selama proses pembelajaran karena dijalankannya protokol kesehatan. Meskipun adanya pengurangan jam pelajaran tetapi dengan penggunaan media kreatif dapat menolong siswa untuk lebih mudah memahami materi pelajaran misalnya penggunaan LCD Proyektor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan deskriptif dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Peniliti sebagai instrumen kunci dan pengambilan data dilakukan dengan wawancara kepada guru PAK dan siswa SMP Negeri 1 Tabukan Selatan.
Keywords:
Education, Offline, Learning MediaDownloads
References
Hunga, A., & Dhewy, A. (2021). Perempuan Covid-19 EKOFEMINISME V (pp. 311–322).
Hutauruk, M., Verawaty, H., & Mandobar, D. H. E. F. (2021). KOMUNIKASI DAN KHOTBAH: (Suatu Kajian Teologi Komunikasi dalam berkhotbah). Tepian : Jurnal Misiologi Dan Komunikasi Kristen, 1(1), 16–24.
Manullang, J., Sidabutar, H., & Manullang, A. (2021). EFEKTIFITAS METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), Article 3. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/39268
Manullang, J., & Verawaty, H. (n.d.). CHRISTIAN EDUCATION IN THE FAMILY AS THE FIRST FORTRESS IN THE DISRUPTIVE ERA. 8.
Massang, B., Verawaty, H., & Nuryadi, G. (2021). Manajemen Pembelajaran Digital Melalui Pendekatan Plan, Do, Check, Act Cycle pada Program Studi Pendidikan Agama Kristen. JMPK : Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.51667/jmpk.v1i1.561
Simanjuntak, D. R. M. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH LOGIKA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM CLOUD MEETINGS DI IAKN MANADO. DA’AT : Jurnal Teologi Kristen, 2(2), 50–58. https://doi.org/10.51667/djtk.v2i2.511
Siringo-ringo, S., Boiliu, E. R., & Manullang, J. (2021). Studi Deskriptif Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Tingkat SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2020–2035. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1599
Situmorang, Y. (2020). PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELUARGA DI IAKN MANADO SEMESTER II PRODI PAK. DIDASKALIA : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 10–20.
Sudarsana, I Ketut , Covid-19 Perspektif Pendidikan , Medan: Yayasan Kita Menulis,2020.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work