Analisis Minat Anak Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19

Authors

  • Subhiya Dwi Astuti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus
  • Ika Ari Pratiwi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus
  • Siti Masfuah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2065

Keywords:

Minat, Pembelajaran Daring

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan minat belajar peserta didik dan mendiskripsikan faktor yang mempengaruhi minat peserta didik dalam pembelajaran daring selama masa pandemi Covid 19. Penelitian ini menggunkan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian lima orang tua dan lima anak sekolah dasar. Penelitian ini telah dilaksankan di Desa Tigajuru Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa selama proses pembelajaran daring siswa tidak bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Peran orang tua sebagai Motivator, fasilitator, membimbing, membantu serta mengawasi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dan menciptakan suasana nyaman dan aman bagi siswa serta Guru diharapkan untuk lebih mengembangkan inovasi pembelajaran dengan penggunaan media interaktif. Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa selama pembelajaran daring yaitu Faktor internal adalah sesuatu yang membuat siswa tertarik, berasal dari dalam diri, seperti perhatian, rasa ingin tahu, motivasi dan kebutuhan siswa. Sedangkan faktor eksternal adalah hal-hal yang membuat siswa tertarik dari luar seperti dorongan wali orang tua/wali, guru dan lingkungan sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Jayul , Edi Irwanto, 2020. Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi. Vol. 6 No. 2 (2020): Juni 2020
Arisanti, D., & Subhan, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim di SMP Kota Pekanbaru.Jurnal Al Thariqah, 3(2), 61–73.
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah.Yogyakarta: Gava Media
Dewi Suhartini. (2010). Minat Peserta didik Terhadap Topik-Topik Mata Pelajaran Sejarah Dan Beberapa Faktor Yang Melatarbelakanginya. Tesis.PPS UPI.
Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
El, Ihsana khuluqo. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Firman & Sari. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES), Volume 02 No 02
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1),6–11.
Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta:Graha Ilmu
Kunandar. 2010.Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press
Laras, S.A.,& Rifai, A. (2019). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di BBLK Semarang. Jurnal Unitirta 4(2), 121–130.
Majid.Abdul 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Ofiset.
Muhibbin, Syah. 2010. Psikologi endidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nur, Lia. 2020. Respon Orang Tua terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Malang: Universitas Islam Malang. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol.2. No.1.
Prahmadita, Aulia Devi (2014) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Peserta Didik Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband di SMP Negeri 1 Sleman. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. e-Resources Vol.2. No.1.
Putri, H., Maula, L.H., & Uswatun, D.A (2020). Analisis Proses Pembelajaran (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. 4(4), 861–872.
Rahmawati, N. S., Bungsu, T. K., Islamiah, I. D., & Setiawan, W. (2015). Analisis Minat Belajar Siswa Ma Al-Mubarok Melalui. Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi Geogebra Pada Materi Statistika Dasar. Journal On Education, 01(03), 386–395.
Ricardo., Meilani, R. I. (2017). Impak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran,2(2), 188–201.
Sadikin, Ali, dan Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2) : 214-224.
Safari. 2003. Indikator Minat Belajar. Jakarta :PT. Rineka Cipta
Santika, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Proses Pembelajarandi kelas Va SDN Lembursitu. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. 3(2), 224–232.
Sardiman. A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta
Slameto, 2013.Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Cet.6 Jakarta: RinekaCipta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Taufani. 2008. Minat, Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta : PT. Rineka cipta
Trianto, 2010, Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.
Tritjahjo Danny Soesilo. 2014. Pengembangan Kreativitas Melalui Pembelajaran. Penerbit Ombak: Yogyakarta.
Wahyono, P. Husamah. Setia, Anton. 2020. Guru Profesional di Masa Pandemi Covid-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. Jurnal Pendidikan Profesi Guru. Vol. 1 No. 1.
Wahyudi, M. (2020, April). Covid-19 dan potret pembelajaran berbasis e-learning. Republika Online.
Wina, Sanjaya. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group
Yanti, Minarti Tirta, Eko Kuntarto, dan Agung Rimba Kurniawan. 2020. Manfaat Portal Rumah Belajar Kemedikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Adi Widya : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1) : 61-68.
Yeti Budiyarti , 2011. Minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia (studi kasus di SMA PGRI 56 Ciputat) JAKARTA . UIN SYARIF HIDAYATULLAH . Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol.2. No.1.
Yuliani, M., dkk. 2020. Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Jakarta: Yayasan Kira Menulis.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. 3(2), 224–232.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Astuti, S. D. ., Pratiwi, I. A. ., & Masfuah, S. . (2022). Analisis Minat Anak Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 552–558. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2065

Issue

Section

Articles