Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Tiga Matahari Karya Prito Windiarto
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1731Abstract
Akhir-akhir ini banyak sekali kasus-kasus yang ditemukan di lingkungan keluarga, masyarakat maupun sekolah yang menyebabkan turunnya adab anak bangsa diantaranya perilaku kurang sopan, bahasa yang tidak baik, pemerkosaan di bawah umur, pelecehan seksual, penggunaan obat-obatan terlarang merokok, pertikaian antar kelompok dan runtuhnya nilai cinta tanah air. Dalam novel Tiga Matahari karya Prito Windiarto banyak sekali nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat dijadikan pedoman hidup baik untuk siswa, ataupun khalayak umum (pembaca). Maka dari itu, penting untuk diadakannya penelitian terhadap novel tersebut. Dengan demikian, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Tiga Matahari karya Prito Windiarto. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif analisis dibantu dengan pendekatan pragmatik sastra. Pendekatan pragmatik merupakan pendekatan yang melihat berbagai peran pembaca sebagai pemberi makna. Penelitian ini berfokus pada nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Tiga Matahari karya Prito Windiarto dengan menggunakan teori Kemendiknas. Subjek penelitian yang digunakan adalah novel Tiga Matahari karya Prito Windiarto yang diterbitkan oleh Sabil pada tahun 2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Tiga Matahari meliputi: (1) religius; (2) disiplin; (3) mandiri; (4) rasa ingin tahu; (5) menghargai prestasi; (6) bersahabat/komuninkatif; (7) cinta damai; (8) gemar membaca; (9) peduli lingkungan; (10) peduli sosial; dan (11) tanggung jawab. Dengan demikian, novel Tiga Matahari karya Prito Windiarto dapat memberikan nilai kebaikan yaitu nilai-nilai pendidikan karakter yang bisa dijadikan pedoman atau pembelajaran oleh siswa ataupun pembaca.
Keywords:
Novel;, Nilai pendidikan karakterDownloads
References
Al-Ma’ruf, Ali Imron. Dkk. (2017). Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.
Lizawati. (2016). Pendidikan Karakter Tokoh Wanita dalam Novel Layar Terkembang Karya Sultan Takdir Alisjahbana. Jurnal Pendidikan Bahasa, 5 (1), 116-127.
Nurgiyantoro, Burhan. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ratna, Nyoman Kutha. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sahlan, Asmaun dan Prastyo, Angga Teguh. (2014). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sulastri, Saptiana dan Alimin, Al Ashadi. (2017). Nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras dalam Novel 2 karya Donny Dhirgantoro. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6 (2), 156-168.
Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Warsiman. (2016). Membumikan Pembelajaran Sastra Yang Humanis. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).
Warsiman. (2017). Pengantar Pembelajaran Sastra Sajian dan Kajian Hasil Riset. Malang: UB Press.
Windiarto, Prito. (2011). Tiga Matahari. Jogjakarta: Sabil.
Wiyatmi. (2009). Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: PUSTAKA BOOK PUBLISHER.
Yahya, Slamet. (2018). Pendidikan Karakter (Berbasis Ideologi). Yogyakarta: CV HIKAM MEDIA UTAMA.
Yusuf, A Muri. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: KENCANA.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work