Model Tactical Game dan Academic Learning Time Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1589Abstract
Pencapaian tujuan dari suatu pembelajaran memerlukan upaya yang maksimal dan totalitas dari seorang guru. Salah satu faktor yang sangat penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran adalah academic learning time dalam belajar. Untuk itu guru diperlukan menerapkan model pembelajaran yang memungkinkan semua anak bias terlibat dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterlibatan belajar anak dalam pendidikan jasmani guru bisa menggunakan model pembelajaran tactical game khususnya untuk materi-materi pembelajaran permainan. Tujuan dalam penelitian ini adalah pengaruh model tactical game terhadap academic learning time dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SDN Cijati 1 Kelurahan Majalengka Kulon Kabupaten Majalengka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental design, dalam bentuk one group pre testpost test design. Populasi yang diambil dari peserta didik di kelas atas SDN Cijati 1 Kelurahan Majalengka Kulon Kabupaten Majalengka dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang yang diambil secara total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah durating recording. Prosedur pengolahan data melalui uji normalitas Liliefors, uji homogenitas dengan pendekatan kesamaan variansi, dan uji hipotesis dengan uji kesamaan dua rata-rata (skor berpasangan). Berdasarkan hasil analisis data dengan uji kesamaan dua rata (skor berpasangan) model tactical game memberikan pengaruh terhadap academic learning time dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SDN Cijati 1 Keluarhan Majalengka Kulon Kabupaten Majalengka bisa diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini model tactical game berpengaruh terhadap academic learning time dalam pembelajaran pendidikan jasmani.
Keywords:
tactikal game, academic learning time, sekolah dasarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work