Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Tubuhku dengan Metode Roll Play Berbantuan Media Index Card Match
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1546Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi tubuhku melalui metode Roll Play Media Index Card Match pada siswa kelas I SDIT Rohmatul Ummah KudusTahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian dengan tindakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDIT Rohmatul Ummah Kudusyang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan dan guru. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Ketuntasan belajar Pada siklus I siswa yang telah mencapai KKM sejumlah 37,50 % (3 siswa) sedangkan 62,5 % (5 siswa). Pada Siklus II siswa yang telah mencapai KKM sejumlah 75 % (6 siswa) sedangkan 25 % (2 siswa) belum mencapai KKM yaitu 65. Kesimpulan penelitian ini bahwa penerapan Metode Roll Play Media Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga berdamapak pada peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia Tema 1 Subtema 2 Materi “ Tubuhku” kelas I SDIT Rohmatul Ummah KudusTahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
metode roll play, media index card match, hasil belajarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work