Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Tubuhku dengan Metode Roll Play Berbantuan Media Index Card Match

Authors

  • Rifan Abdul Rohman SDIT Rohmatul Ummah, Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1546

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi tubuhku melalui metode Roll Play Media Index Card Match pada siswa kelas I SDIT Rohmatul Ummah KudusTahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian dengan tindakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDIT Rohmatul Ummah Kudusyang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan dan guru. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Ketuntasan belajar Pada siklus I siswa yang telah mencapai KKM sejumlah 37,50 % (3 siswa) sedangkan 62,5 % (5 siswa). Pada Siklus II siswa yang telah mencapai KKM sejumlah 75 % (6 siswa) sedangkan 25 % (2 siswa) belum mencapai KKM yaitu 65. Kesimpulan penelitian ini bahwa penerapan Metode Roll Play Media Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga berdamapak pada peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia Tema 1 Subtema 2 Materi “ Tubuhku” kelas I SDIT Rohmatul Ummah KudusTahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords:

metode roll play, media index card match, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 300
Downloads Count: 138

Published

2021-10-08

How to Cite

Rohman, R. A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Tubuhku dengan Metode Roll Play Berbantuan Media Index Card Match . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1584–1589. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1546

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.