Peningkatan Kemampuan Mendeskripsikan Berbagai Bentuk Keberagaman di Indonesia Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV

Authors

  • Syaiful Bahri SDN 1 Karas Sedan, Rembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1543

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran kemampuan mendeskripsikan berbagai bentuk keberagaman budaya di Indonesia dengan metode demontrasi pada siswa kelas IV SDN 1 Karas Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Karas Rembang. Data penelitian ini diperoleh dari tempat dan peristiwa, partisipan, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan angket. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode.. Data dianalisis dengan teknik analisis komparatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan setelah dilakukan dengan menggunakan metode demontrasi hasil belajar siswa meningkat dimana pada akhir siklus II nilai rata-rata mencapai 81,05 dengan ketuntasan belajar klasikal 87%. Selain itu juga aktivitas belajar 82% baik, dan kemampuan guru dalam mengajar dalam kategori baik juga. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan metode demontrasi dapat meningkatkan hasil pembelajaran mendeskripsikan berbagai bentuk keberagaman budaya di Indonesia pada siswa kelas IV SDN 1 Karas Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords:

metode demonstrasi, Kemampuan Mendeskripsikan, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 385
Downloads Count: 224

Published

2021-10-07

How to Cite

Bahri, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Mendeskripsikan Berbagai Bentuk Keberagaman di Indonesia Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1558–1563. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1543

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.