Peningkatan Kemampuan Mendeskripsikan Berbagai Bentuk Keberagaman di Indonesia Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1543Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran kemampuan mendeskripsikan berbagai bentuk keberagaman budaya di Indonesia dengan metode demontrasi pada siswa kelas IV SDN 1 Karas Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Karas Rembang. Data penelitian ini diperoleh dari tempat dan peristiwa, partisipan, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan angket. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode.. Data dianalisis dengan teknik analisis komparatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan setelah dilakukan dengan menggunakan metode demontrasi hasil belajar siswa meningkat dimana pada akhir siklus II nilai rata-rata mencapai 81,05 dengan ketuntasan belajar klasikal 87%. Selain itu juga aktivitas belajar 82% baik, dan kemampuan guru dalam mengajar dalam kategori baik juga. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan metode demontrasi dapat meningkatkan hasil pembelajaran mendeskripsikan berbagai bentuk keberagaman budaya di Indonesia pada siswa kelas IV SDN 1 Karas Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
metode demonstrasi, Kemampuan Mendeskripsikan, hasil belajarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work