Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1484Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah tentang rendahnya hasil bilajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Solusi yang dibuat dari permasalah tersebut adalah dengan menerapkan metode pembalajaran SQ3R. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SQ3R terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tangerang 15. Sampel yang dipilih sebanyak dua kelas, yaitu siswa kelas VA dan VB SDN Tangerang 15 dengan total sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes belajar PPKN. Untuk menganalisis data menggunakan uji perbedaan rata-rata dengan taraf signifikan 5%. Dari hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn Kelas V A dan Kelas V B meningkat setelah diberikan perlakuan. Namun nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran SQ3R lebih baik dibanding rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian model SQ3R lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V pada mata pelajaran PPKN.
Keywords:
metode pembelajaran SQ3R, hasil belajar, sekolah dasarDownloads
References
Muhibbin Syah. (2013). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya.
R. Ibrahim dan Nana Syaodih. S. (2002). Perencanaan Pengajaran (ke-2). Depdikbud Rineka Cipta.
Ronny Kountur. (2004). Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. PPM.
Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2014). CV. Tamita Utama.
Uno, H. B. (2016). Perencanaan Pembelajaran. PT Bumi Aksara.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work