Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik Kelas VI
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1469Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman menggunakan metode discovery learning pada Peserta didik kelas VI SDN Langgar Sluke Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observsasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini pada Peserta didik kelas VI SDN Langgar Sluke Rembang. Objek penelitian kegiatan proses pembelajaran membaca pemahaman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan data hasil penelitian pada siklus I hasil belajar peserta didik yang tuntas dalam proses pembelajaran kemampuan membaca berjumlah 26 Peserta didik dengan persentase 74,28%, dan rata-rata kelas yaitu 71,43. Peserta didik yang belum tuntas dengan jumlah peserta didik 9 orang, peserta didik 25,71% , dari 9 Peserta didik yang berada dikategori kuarng baik dan baik yang berada pada kategori kurang sekali dengan jumlah peserta didik 6 orang Peserta didik 17,14 %. Sedangkan pada siklus II, dari 35 orang Peserta didik yang dikenakan tindakan tuntas sebanyak 34 orang Peserta didik dengan presentase yaitu 97,14%, dengan rata-rata hasil belajar Peserta didik yaitu 84,86, hanya 1 orang Peserta didik yang belum tuntas dan tidak ada Peserta didik pada kategori kurang sekali. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discovery learnning dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada Peserta didik kelas VI SDN Sluke Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
metode, discovy learning, membaca, pemahamanDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work