Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik Kelas VI

Authors

  • Sulistyo Rini SDN Langgar Sluke Rembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1469

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman menggunakan metode discovery learning pada Peserta didik kelas VI SDN Langgar Sluke Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observsasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini pada Peserta didik kelas VI SDN Langgar Sluke Rembang. Objek penelitian kegiatan proses pembelajaran membaca pemahaman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan data hasil penelitian pada siklus I hasil belajar peserta didik yang tuntas dalam proses pembelajaran kemampuan membaca berjumlah 26 Peserta didik dengan persentase 74,28%, dan rata-rata kelas yaitu 71,43. Peserta didik yang belum tuntas dengan jumlah peserta didik 9 orang, peserta didik 25,71% , dari 9 Peserta didik yang berada dikategori kuarng baik dan baik yang berada pada kategori kurang sekali dengan jumlah peserta didik 6 orang Peserta didik 17,14 %. Sedangkan pada siklus II, dari 35 orang Peserta didik yang dikenakan tindakan tuntas sebanyak 34 orang Peserta didik dengan presentase yaitu 97,14%, dengan rata-rata hasil belajar Peserta didik yaitu 84,86, hanya 1 orang Peserta didik yang belum tuntas dan tidak ada Peserta didik pada kategori kurang sekali. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discovery learnning dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada Peserta didik kelas VI SDN Sluke Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords:

metode, discovy learning, membaca, pemahaman

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1045
Downloads Count: 986

Published

2021-10-07

How to Cite

Rini, S. (2021). Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik Kelas VI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1403–1409. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1469

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.