Penerapan Metode Driil Practice untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Iklan pada Siswa Kelas V SDN Bendo
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1463Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis iklan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis iklan mengunakan metode drill practice pada siswa kelas V SDN Bendo Sluke Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan khusus meningkatkan kemampuan menulisnaskah dengan isi, organisasi, kosa kata, penguasaan bahasa dan mekanik. Metode penelitian deskriptif. Bentuk penelitian tindakan kelas. Subjeknya siswa kelas V SDN Bendo Sluke Kabupaten Rembang. Hasil penelitian peningkatan rata-rata kemampuan kognitif dalam menulis iklan yaitu: awal siklus rata-rata kelasnya 16,74, siklus I rata-rata kelasnya 22,56 , dan siklus II rata-rata kelasnya 27,67. Dari hasil observasi rata-rata siswa telah menulis dengan benar. Peningkatkan rata-rata aspek psikomotorik 26,05, siklus I rata-rata kelasnya 15,35, dan siklus II rata-rata kelasnya 41,16. Dari hasil obsevasi Pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yang drastis yang disebabkan siswa telah mampu menulis dengan latihan dan praktik. Peningkatkan kemampuan nilai ratarata kelas aspek afektif, awal siklus rata-rata kelasnya 2,32, siklus I rata-rata kelasnya 7,44, dan siklus II rata-rata kelas 16,74. Hasil pengamatan siklus I, dan siklus II, terjadi kenaikan rata-rata kelas pada setiap siklus. Penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan metode drill practice dapat meningkatkan kemampuan menulis iklan pada siswa kelas V SDN Bendo Sluke Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021
Keywords:
Metode, Drill Practice, Menulis, IklanDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work