Tindak Tutur Perlokusi Pada Podcast Deddy Corbuzier Yang Berjudul “Kuliah Itu Gak Penting” Serta Relevansinya Terhadap Rancangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia

Authors

  • Syafira Nurul Agusta Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Oding Supriadi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sahlan Mujtaba Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1462

Keywords:

tindak tutur, podcast, analisis, perlokusi

Abstract

Berbicara mengenai komunikasi, makna dan proses merupakan dua faktor penting. Tindak tutur merupakan cara efektif untuk dapat menganalisis dan mempermudah seseorang untuk memahami kata-kata atau kalimat yang dimaksudnya dalam lisan maupun tulisan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan fungsi dan konteks tindak tutur perlokusi pada podcast Deddy Corbuzier yang berjudul “Kuliah Itu Tidak Penting”. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi yaitu mengamati fenomena tuturan, dengan merumuskan apa yang diteliti dan semua tindakan harus berdasar pada tujuan penelitian. Data yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu tindak tutur perlokusi yang terdapat dalam dialog-dialog pada podcast Deddy Corbuzier berjudul “Kuliah Itu Tidak Penting”. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik simak dan catat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 14 data tuturan yang termasuk dalam tindak tutur perlokusi beserta konteksnya. Sedangkan untuk fungsi tindak tutur perlokusi terdapat 10 tindak tutur perlokusi representatif berupa menyatakan, mengakui, berspekulasi, menjelaskan, dan menuntut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriastuti, Ni. (2017). Bentuk, Fungsi Dan Jenis Tindak Tutur Dalam Komunikasi Siswa Di Kelas Unggulan SMP PGRI 3 Denpasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 39-42.

Oktavia, W. (2019). Tindak Tutur Perlokusi Dalam Album Lirik Lagu Iwan Fals: Relevansinya Terhadap Pembentukan Karakter. Lingua. 5-9.

Setiawaty, R. 2018. Analisis Tindak Tutur Asertif Dalam ILC Episode Kembali Mega Versus SBY: Kajian Pragmatik. The 8th University Research Colloquium. 284-285.

Wiranty, W. (2015). Tindak Tutur dalam Wacana Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Jurnal Pendidikan Bahasa, 301-302.

Ranem, Mulawarman G, Sulistyowati D. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Materi Debat Dengan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. Diglosia. 23

Downloads

Published

2021-10-08

How to Cite

Syafira Nurul Agusta, Supriadi, O. ., & Mujtaba, S. . . . (2021). Tindak Tutur Perlokusi Pada Podcast Deddy Corbuzier Yang Berjudul “Kuliah Itu Gak Penting” Serta Relevansinya Terhadap Rancangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1639–1646. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1462