Peran Pendampingan Orangtua Dalam Mendukung Perkembangan Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1411Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran pendampingan orangtua dalam mendukung perkembangan belajar anak pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotoriknya. Penelitian ini deskriptif kuantitatif, penelitian yang dilakukan dengan menggambarkan suatu situasi yang faktual dan akurat secara naratif, bukan untuk menjelaskan hubungan antara variabel dan uji hipotesis. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan teknik statistik deskriptif, dan sampel penelitian sebanyak 88 orangtua peserta didik dari keempat SD Muhammadiyah di Kabupaten Purworejo. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan stratified proportional random sampling, serta analisis data menggunakan descriptive statics frequencies dan persentase. Uji validitas menggunakan dua cara yaitu validitas konstruk, berdasarkan pendapat dari ahli dan validitas empirik menggunakan korelasi product moment. Sedangkan uji realibilitas menggunakan Alfa Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan peran pendampingan orangtua terhadap dukungan aspek kognitif anak memperoleh persentase sebesar 72%, dukungan afektif sebesar 74%, dan dukungan psikomotorik sebesar 57%. Walaupun demikian, ketiga peran pendampingan yang orangtua lakukan untuk mendukung perkembangan belajar anak dapat dikatakan baik, hanya berbeda pada perolehan persentasenya saja. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran orangtua selama belajar dari rumah bisa membantu hasil belajar anak, khususnya yang berkaitan dengan aspek afektif dan kognitifnya, dukungan orangtua pada aspek psikomotorik juga tetap bisa berkembang, walaupun tidak seoptimal kedua lainnya.
Keywords:
peran pendampingan, orangtua, perkembangan belajar anak, belajar dari rumahDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work