Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Nilai Agama dan Moral Anak
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1407Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan Nilai Agama dan Moral (NAM) anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak – Kanak. Dilihat dari perkembangan NAM, masih banyak anak yang belum bisa mengenal agama dan hari besar keagamaan. Hal ini terlihat ketika dilakukan observasi, indikator pertama mengenal agama yang dianut 53,33% yang perkembanganya kurang (K), 33,33% cukup berkembang (C) dan 13,33% perkembanganya baik (B) . Sedangkan pada indikator kedua, mengetahui hari besar agama 46,67% yang perkembangannya kurang (K), 40% yang perkembanganya cukup (C), 2 anak dengan persentase 13,33% yang perkembanganya baik (B). Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran audio visual terhadap nilai moral dan agama anak usia 5-6 tahun. . Jenis penelitian ini adalah desaign eksperimental quasai. Hasil yang diperoleh thitung >ttabel (2.301 > 2.048), kemudian Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran audio visual terhadap NAM anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak – Kanak.
Keywords:
Media pembelajaran audio visual, nilai agama dan moral anakDownloads
References
Ernawulan,S (2005). Bimbingan Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud. hlm.25
Hermawan, Asep H, dkk. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: UPI Press.hlm 11
Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.hlm.88
Mursid. (2009). Kurikulum dan Pendidikan Anak Usia Dini, Sebuah harapan Masyarakat. Semarang: Akfi Media. hlm. 48-49
Peraturan menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014, Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Sanaky, AH, Hujair. (2011). Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. h lm.4
Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.hlm.117
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.hlm.81
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work