Relevansi Pendidikan Humanis Paulo Freire Dengan Pendidikan Agama Kristen Jenjang Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1088Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan Library Research (penelitian kepustakaan). Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode dokumenter, yaitu mencari dan mengumpulkan data mengenai variabel penelitian berupa buku-buku karangan Paulo Freire dan konsep Pendidikan Agama Kristen. Kemudian untuk analisis data, penelitian ini menggunakan analisis isi (Content Analysis). Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan adalah a) pendidikan semestinya menjadi kendaraan revolusioner untuk membantu manusia mencapai kesadaran kritis dan tujuan akhir pendidikan humanis yaitu membebaskan manusia dari belenggu penindasan sehingga memiliki kembali nilai kemanusiaan, b) terdapat relevansi konsep pendidikan humanis Paulo Freire dengan Pendidikan Agama Kristen dalam hal peran peserta didik, kesadaran individu dan masyarakat, pendidikan berbasis realitas sosial, serta pendidikan dialogis menuju masyarakat toleran dan demokratis.
Keywords:
pendidikan, pendidikan humanis, paulo freire, pendidikan agama kristenDownloads
References
Hutabarat, D. (2020). Analisis Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa SMK Negeri 1 Laguboti Kab. Toba Samosir TP. 2019/2020. Areopagus: Jurnal Pendidikan dan Teologi Kristen, 18 (1), 127-134
Idris, M. (2009). Pendidikan Pembebasan. Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan, 9 (2), 1-13.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Pedoman Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan KEMENDIKBUD.
Kristianto, P. E. (2021). Meneropong Pendidikan Kristiani di Era Pascasekularitas. Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 5 (2), 250-260.
Mansour Fakih, (2010). Pendidikan Popular (Membangun Kesadaran Kritis). Yogyakarta: INSIST Press
Nuhamara, D. (2018). Pengutamaan Dimensi Karakter dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Jaffray, 16 (1), 93-115.
Pasaribu, J. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri oleh Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Kreatifitas Belajar. Areopagus: Jurnal Pendidikan dan Teologi Kristen, 17 (1), 1-10.
Paulo Freire. (2016). Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: Pustaka LP3ES.
Paulo Freire. (2001). Pendidikan yang Membebaskan. Jakarta: Media Lintas Batas.
Pramudya, Wahyu. (2001). Mengenal Filsafat Pendidikan Paulo Freire: Antara Banking Concept Of Education, Problem Posing Method, dan Pendidikan Kristen di Indonesia. Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan, 2 (2), 259-270.
Putra, I Komang Ramadi. (2020). Pendidikan Membebaskan Sebagai Upaya Mewujudkan Generasi Emas 2045. Vidya Samhita: Jurnal Penelitian Agama, 6 (1), 73-84.
Sianipar, Desi. (2017). Pendidikan Agama Kristen yang Membebaskan: Suatu Kajian PAK di Indonesia. Shanan: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1 (1), 136-157.
Sudirman, P. (2019). Pedagogi Kritis, Sejarah, Perkembangan dan Pemikiran. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 4 (2), 63-72.
Suhada, H. (2017). Model Pembelajaran Inquiry dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 8 (2), 13-24
Suharyanto, A. (2015). Pendidikan dan Proses Pembudayaan dalam Keluarga. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 7 (2), 162-165
Supriyanto. (2013). Paulo Freire: Biografi Sosial Intelektual Modernisme Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib, 6 (2), 99-115.
Syaikhudin, A. (2012). Konsep Pemikiran Pendidikan Menurut Paulo Freire dan Ki Hajar Dewantoro. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 10 (1), 79-92.
Telaumbanua, A.H.N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Industri 4.0. Institutio: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6 (2), 45-62.
Umiarso & Zamroni, 2011. Pendidikan Pembebasan dalam Perspektif Barat dan Timur. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Utomo, B. S. (2017). Revolusi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Mentransformasi Kehidupan Siswa. Dunamis: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 1 (2), 1-15.
Wowor, J. P. (2021). Partisipasi Pendidikan Kristiani di Ruang Publik dalam Menunjang Deradikalisasi. Kurios: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 7 (1), 108-122.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work