Dampak Penghapsan Mata Pelajaran PJOK Kelas XII Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa

Authors

  • Fikadila Tsania Universitas Muhamadiyah Sukabumi
  • Wening Nugraheni Universitas Muhammadiyah Sukabmi
  • Bachtiar Universitas Muhammadiyah Sukabmi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6028

Keywords:

penghapusan pelajaran PJOK, kebugaran jasmani

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu adanya penghapusan mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penghapusan mata pelajaran PJOK di kelas XII SMK terhadap tingkat kebugaran jasamani siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang di tuangkan dalam bentuk persentase. Pengambilan data menggunakan metode survei dengan tes dan pengukuran. Instrument yang digunakan untuk mengetahui kebugaran jasmani siswa VO2 max ini yaitu Multistage Fitnes Test (MFT). Populasi penelitian ini siswa kelas XII SMKN 1 Kota Sukabumi yang berjumlah 294 orang yang diambil menggunakan teknik cluster sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas XII SMKN 1 Kota Sukabumi sebagai berikut: 3 siswa atau 1,1% dalam kategori excellent, sebanyak 6 siswa atau 2,0% dalam kategori good, sebanyak  4 siswa atau 1,3% dalam kategori above average, sebanyak 8 siswa atau 2,7% dalam kategori average, sebanyak 33 siswa atau 11,2% dalam kategori below average, sebanyak 100 siswa atau 34% dalam kategori poor, sebanyak 140 siswa atau 47,6% dalam kategori very poor. Dengan hasil tersebut dapat diartikan bahwa kebugaran jasmani daya tahan aerobik siswa kelas XII SMKN 1 Kota Sukabumi adalah poor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrade, S., Lachat, C., Ochoa-Aviles, A., Verstraeten, R., Huybregts, L., Roberfroid, D., ... & Cardon, G. (2014). A School-Based Intervention Improves Physical Fitness in Ecuadorian Adolescents: A Cluster-Randomized Controlled Trial. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 11(1), 153.

Budianto, D. (2022). Tingkat Kesegaran Jasmani Pada Siswa Kelas VII Di SMP Smart Indonesia School Pekanbaru. Journal Research of Sports and Society, 1(01), 1-10.

Eime, R. M., Young, J. A., Harvey, J. T., Charity, M. J., & Payne, W. R. (2013). A Systematic Review of The Psychological and Social Benefits of Participation in Sport for Children And Adolescents: Informing Development of A Conceptual Model of Health Through Sport. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 10(1), 98.

Fenanlampir, A., & Faruq, M. M. (2015). Tes dan Pengukuran dalam Olahraga. Yogyakarta: CV Andi Offset .

Furkan, F., Rusdin, R., & Shandi, S. A. (2021). Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Olahraga Saat Pandemi Corona Covid-19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1).

Gemael, Q. A., & Aminudin, R. (2018). Tingkat Kesegaran Jasmani Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 9(1), 32-42.

Hastuti, T. A. (2008). Kontribusi ekstrakurikuler bolabasket terhadap pembibitan atlet dan peningkatan kesegaran jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 5(1).

Irianto, I. R. (2020). Peranan Materi Kesehatan Dalam Pendidikan Jasmani Pada Kehidupan Masyarakat. In Seminar Nasional Keolahragaan (Vol. 1).

Krotee, M., & Bucher, C. (2006). Management of Physical Education and Sport. Open University Press. The McGraw-Hill companies, Order Services, PO Box 182605, Columbus, OH 43218-2605.

Madjid, I. (2017). Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Peserta Ektrakurikuler Futsal Sma Negeri 1 Karanganom. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 6(12).

Maksum, A. (2018). Olahraga Bermutu Untuk Semua. Pekan Ilmiah Keolahragaan. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Marlina, Y. (2012). Evaluation Of School Base Curriculum Implementation (KTSP) in Physical Education, Sport And Health in State Junior High Schools Banda Aceh in 2011. Journal of Physical Education and Sports, 1(1)

Maulana, G. W., & Bawono, M. N. (2021). Peningkatan Imunitas Tubuh Lansia Melalui Olahraga Pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 9(03), 211-220.

Prayoga, H. D., Fitrianto, A. T., Habibie, M., & Mustafa, P. S. (2022). Implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK kelas IX sekolah menengah pertama. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 21(1), 1-15.

Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani . Bandung: Alfabeta.

Rizqi, A. H., & Hartoto, S. (2002). Perbedaan Aktivitas Fisik Dan Kebugaran Jasmani Ditinjau Berdasarkan Tingkat Kelas Di Sekolah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 10, 353-359. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani

Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan kesehatan sekolah sebagai proses perubahan perilaku siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2).

Sudibjo, P., Rismayanthi, C., & Apriyanto, K. D. (2021). Hubungan antara sindrom metabolik dengan kebugaran jasmani pada lansia. Jurnal Keolahragaan, 9(2), 159-167.

Sudirjo, E., & Alif, M. N. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Suharjana. (2013). Kebugaran Jasmani. Yogyakarta: Jogja Global Media.

Sun, K., & Fan, F. (2019). Countermeasure of Strengthening Professional Physical Fitness in Higher Vocational Physical Education Teaching based on Vocational Literacy Training. webofproceedings.org

Wahyuni, N. P. D. S. (2016). Sehat dan bahagia dengan senam bugar lansia. Jurnal Penjakora Fakultas Olahraga dan Kesehatan, 3(1), 66-77.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Tsania, F., Nugraheni, W., & Bachtiar, B. (2023). Dampak Penghapsan Mata Pelajaran PJOK Kelas XII Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1740–1745. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6028

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>