Dampak Penghapsan Mata Pelajaran PJOK Kelas XII Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6028Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu adanya penghapusan mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penghapusan mata pelajaran PJOK di kelas XII SMK terhadap tingkat kebugaran jasamani siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang di tuangkan dalam bentuk persentase. Pengambilan data menggunakan metode survei dengan tes dan pengukuran. Instrument yang digunakan untuk mengetahui kebugaran jasmani siswa VO2 max ini yaitu Multistage Fitnes Test (MFT). Populasi penelitian ini siswa kelas XII SMKN 1 Kota Sukabumi yang berjumlah 294 orang yang diambil menggunakan teknik cluster sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas XII SMKN 1 Kota Sukabumi sebagai berikut: 3 siswa atau 1,1% dalam kategori excellent, sebanyak 6 siswa atau 2,0% dalam kategori good, sebanyak 4 siswa atau 1,3% dalam kategori above average, sebanyak 8 siswa atau 2,7% dalam kategori average, sebanyak 33 siswa atau 11,2% dalam kategori below average, sebanyak 100 siswa atau 34% dalam kategori poor, sebanyak 140 siswa atau 47,6% dalam kategori very poor. Dengan hasil tersebut dapat diartikan bahwa kebugaran jasmani daya tahan aerobik siswa kelas XII SMKN 1 Kota Sukabumi adalah poor.
Keywords:
penghapusan pelajaran PJOK, kebugaran jasmaniDownloads
References
Andrade, S., Lachat, C., Ochoa-Aviles, A., Verstraeten, R., Huybregts, L., Roberfroid, D., ... & Cardon, G. (2014). A School-Based Intervention Improves Physical Fitness in Ecuadorian Adolescents: A Cluster-Randomized Controlled Trial. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 11(1), 153.
Budianto, D. (2022). Tingkat Kesegaran Jasmani Pada Siswa Kelas VII Di SMP Smart Indonesia School Pekanbaru. Journal Research of Sports and Society, 1(01), 1-10.
Eime, R. M., Young, J. A., Harvey, J. T., Charity, M. J., & Payne, W. R. (2013). A Systematic Review of The Psychological and Social Benefits of Participation in Sport for Children And Adolescents: Informing Development of A Conceptual Model of Health Through Sport. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 10(1), 98.
Fenanlampir, A., & Faruq, M. M. (2015). Tes dan Pengukuran dalam Olahraga. Yogyakarta: CV Andi Offset .
Furkan, F., Rusdin, R., & Shandi, S. A. (2021). Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Olahraga Saat Pandemi Corona Covid-19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1).
Gemael, Q. A., & Aminudin, R. (2018). Tingkat Kesegaran Jasmani Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 9(1), 32-42.
Hastuti, T. A. (2008). Kontribusi ekstrakurikuler bolabasket terhadap pembibitan atlet dan peningkatan kesegaran jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 5(1).
Irianto, I. R. (2020). Peranan Materi Kesehatan Dalam Pendidikan Jasmani Pada Kehidupan Masyarakat. In Seminar Nasional Keolahragaan (Vol. 1).
Krotee, M., & Bucher, C. (2006). Management of Physical Education and Sport. Open University Press. The McGraw-Hill companies, Order Services, PO Box 182605, Columbus, OH 43218-2605.
Madjid, I. (2017). Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Peserta Ektrakurikuler Futsal Sma Negeri 1 Karanganom. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 6(12).
Maksum, A. (2018). Olahraga Bermutu Untuk Semua. Pekan Ilmiah Keolahragaan. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Marlina, Y. (2012). Evaluation Of School Base Curriculum Implementation (KTSP) in Physical Education, Sport And Health in State Junior High Schools Banda Aceh in 2011. Journal of Physical Education and Sports, 1(1)
Maulana, G. W., & Bawono, M. N. (2021). Peningkatan Imunitas Tubuh Lansia Melalui Olahraga Pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 9(03), 211-220.
Prayoga, H. D., Fitrianto, A. T., Habibie, M., & Mustafa, P. S. (2022). Implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK kelas IX sekolah menengah pertama. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 21(1), 1-15.
Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani . Bandung: Alfabeta.
Rizqi, A. H., & Hartoto, S. (2002). Perbedaan Aktivitas Fisik Dan Kebugaran Jasmani Ditinjau Berdasarkan Tingkat Kelas Di Sekolah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 10, 353-359. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani
Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan kesehatan sekolah sebagai proses perubahan perilaku siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2).
Sudibjo, P., Rismayanthi, C., & Apriyanto, K. D. (2021). Hubungan antara sindrom metabolik dengan kebugaran jasmani pada lansia. Jurnal Keolahragaan, 9(2), 159-167.
Sudirjo, E., & Alif, M. N. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Suharjana. (2013). Kebugaran Jasmani. Yogyakarta: Jogja Global Media.
Sun, K., & Fan, F. (2019). Countermeasure of Strengthening Professional Physical Fitness in Higher Vocational Physical Education Teaching based on Vocational Literacy Training. webofproceedings.org
Wahyuni, N. P. D. S. (2016). Sehat dan bahagia dengan senam bugar lansia. Jurnal Penjakora Fakultas Olahraga dan Kesehatan, 3(1), 66-77.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fikadila Tsania, Wening Nugraheni, Bachtiar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work