Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science

  • Anggun Winata Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Ifa Seftia Rakhma Widiyanti Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Sri Cacik Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Keywords: AKM numerasi, permasalahan science

Abstract

Ujian Nasional (UN) akan digantikan oleh Asesmen Nasional (AN) yang terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter dan survei lingkungan belajar. AKM meliputi asesmen literasi membaca dan asesmen numerasi. Kemampuan numerasi berhubungan dengan kemampuan menyelesaian masalah-masalah science. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa SMA kelas XI dalam menyelesaikan permasalahan science. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dan dilakukan di MA Darul Ma’wa Plandirejo kecamatan Plumpang kabupaten Tuban. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 21 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes meliputi 3 indikator kemampuan numerasi. Permasalahan science yang digunakan merupakan permasalahan Biologi, Kimia dan Fisika. Teknik pengambilan data dilakukan dengan survei dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa kelas XI MA Darul Ma’wa Plandirejo kecamatan Plumpang kabupaten Tuban masih rendah. Hal tersebut diketahui dari 61,90% siswa mendapatkan nilai di bawah 50. Persentase jawaban salah untuk 3 indikator adalah 64,76%; 48,57% dan 44,67%. Indikator yang mendapatkan jawaban benar paling sedikit yaitu mampu menggunakan berbagai macam angka atau simbol yang terkait dengan matematika dasar dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari. Semua subjek penelitian memberikan jawaban salah untuk kecepatan gerak benda dan cermin cekung di indikator tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, diperlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui pembelajaran yang sesuai sehingga kemampuan numerasi siswa mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kusumaryono, R. S. (2020). Merdeka Belajar. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (Online) (https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar), diakses 29 April 2021.
Goos, M., Dole, S., & Geiger, V. (2011). Improving Numeracy Education in Rural Schools: A Professional Development Approach. Mathematics Education Research Journal, 23(2), 129.
Han, W., Santoso, D., & dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hartatik, S., & Nafiah. (2020). Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika, Education and Human Development Journal, 5 (1), 32-42.
Maryuliana, Subroto, I. M. I. and Haviana, S. F. C. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert, Jurnal Transistor Elektro dan Informatika, 1(2), 1–12.
Nusantari, E. (2018). Kajian Faktor Yang Mempengaruhi Retensi Siswa SMA (Analisis Hasil Penelitian Eksperimen dan PTK), Prosiding Seminar Nasional Universitas Gorontalo tahun 2018.
OECD. (2018). Survey International Program for International Student Assessment (PISA). (Online) (http://www.oecd.org/pisa), diakses 17 Februari 2021.
OECD. (2014). PISA 2014 Results: What Students Know and Can Do StudentPerformance in Mathematics, Reading and Science. Volume I. Paris: OECDPublishing.
Pusmenjar Kemdikbud. (2020). Asesmen kompetensi minimum. (Online) (https://www.youtube.com/watch?v=ukNxwCtGzZU), diakses 12 Maret 2021.
Yuanita, & Kurnia, F. (2019). Analisis Stem (Science, Technology, Engenering, And Mathematicss) Materi Kelistrikan Pada Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 Sekolah Dasar, Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) tahun 2019.
Published
2021-06-16
How to Cite
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498-508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090
Section
Articles