Perbandingan Model Think Pair Share dan Make a Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i3.13265Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Make a Match (MAM) terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yang masing-masing diajarkan menggunakan model TPS dan MAM. Data dikumpulkan melalui angket motivasi dan tes hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji t-test dan ukuran efek (effect size). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua model pembelajaran memiliki dampak positif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa, dengan sebagian besar siswa berada pada kategori sangat tinggi. Meskipun tidak ditemukan perbedaan signifikan secara statistik antara kedua model, model MAM menunjukkan keunggulan dalam meningkatkan motivasi belajar, sedangkan TPS lebih unggul dalam mendorong pemahaman mendalam. Berdasarkan temuan ini, disarankan kombinasi kedua model untuk mengoptimalkan pembelajaran IPS
Keywords:
Think Pair Share, Make a Match, motivasi belajar, hasil belajar, pembelajaran IPSDownloads
References
Ahmad Budi Sutrisno, & Yusri, A. Y. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Konsep Diri, Aktivitas Belajar, Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2), 221–229. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.580
Al-Tabany, T. I. B. (2018). Mendesain Model Pembelajaran (Kedua). Prenadamedia Group.
Amaliyah, N., Fatimah, W., & Abustang, P. B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Ips. Satya Widya, 35(2), 126–139. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p126-139
Ana, R. F. R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Make a Match Pada Mata Pelajaran IPS.
Anggriani, F. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Inpres 1 Margapura. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(5), 162–176.
Cahyani, N. putu M., Dantes, N., & Rati, N. W. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 362. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27410
Dewi Hastuti, N., Baedowi, S., & Adhi Prasetya, S. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) Terhadap Nilai Belajar IPS. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 112. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24401
Hamalik, O. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Hanum, O., Johar, R., & Yusrizal. (2021). Students’ thinking process in solving Higher-Order Thinking (HOT) problems through Aptitude Treatment Interaction (ATI) learning model. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012086
Huda, M. (2019). Cooperative Learning “Metode, Teknik, Struktur Dan Model Penerapan". Pustaka Pelajar.
Inda, A. H. (2017). Keefektifan Model Aptitude Treatment Interaction dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Kepercayaan Diri. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2017 M-109 2017 M-109, 751–758. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/M-109.pdf
Japar, M., Fadhillah, D. N., & P, G. L. H. (2019). MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PPKN. Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=vHzYDwAAQBAJ
Jasdilla, L., Kuswendi, U., & Ramdhani, S. (2017). Hasil Belajar Dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps). JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 96–105. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9253
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=yz8KEAAAQBAJ
Karunia Eka Lestari, M. R. Y. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama.
Kasimuddin. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 4(1), 88–105.
Kemendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 14.
Maharani, O. D. tri, & Kristin, F. (2017). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30738/wa.v1i1.998
Maulani, H., Abdurrahman, M., Saleh, N., Faqih, A., & Hamdan, F. D. F. (2022). Implementation of Aptitude Treatment Interaction (ATI) in Nahwu Learning: Identification of Student Ability Characteristics. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 9(1), 30–43. https://doi.org/10.15408/a.v9i1.23012
Mudjiono, D. dan. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Mulghalib, I. (2020). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE. Alphiandi. https://books.google.co.id/books?id=xsuZEAAAQBAJ
Mulyatiningsih, E. (2019). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.
Mutia, T. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Geografi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 4(2), 210–219. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2869
Pamungkas, Y., & Afriansyah, E. A. (2017). Aptitude Treatment Interaction Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 122–130. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1445
Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2016). Belajar dan Pembelajaran. UMMPress. https://books.google.co.id/books?id=F5xjDwAAQBAJ
Priadana, S. dan D. S. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascalbooks.
Ramdhan, H. (2020). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=Ntw_EAAAQBAJ
Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (Kedua (ed.)). Rajawali Pers.
Sadiman. (2015). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Pustekkom Dikbud.
Sanjaya, W. (2006). Pembelajaran dalam implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=QL9hNwAACAAJ
Serlina, S., & Leonard, L. (2020). The Role of Aptitude Treatment Interaction Instructional Model with Task and Forced Instructional Strategy on Student Mathematical Reasoning Ability. Journal of Instructional Development Research, 1(1). https://doi.org/10.30998/jidr.v1i1.200
Sitompul, H. S., & Maulina, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Koloid. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i1.1008
Suparti, S., Winarni, R., & Prastiti, T. D. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Contextual Teaching Learning. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 397. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.55709
Suprijono, A. (2009). Cooperative learning: teori & aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar. https://books.google.co.id/books?id=bNUmQwAACAAJ
Susanto, A. (2018). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kharisma Putra.
Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295
Widiawati, A. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Thinks Pair Share Pada Siswa Kelas V Mi Manba’ul Falah Kabupaten Bogor. 1–129.
Wijaya, H., & Gani, H. A. (2021). Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Pendidikan Karakter. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. https://books.google.co.id/books?id=d104EAAAQBAJ
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aliul Abdullah, Muhammad Nawir, Kaharuddin Kaharuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work