Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Inkuiri Berbasis Kearifan Lokal Media Misteri Amplop dalam Pembelajaran IPAS Kelas V SD 1 Sadang
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i3.13187Abstract
Kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dan kurang minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS. Hal tersebut menjadi permasalahan yang menghambat proses siswa dalam belajar, maka agar tercapanya proses belajar siswa yang meningkatkan berpikir kritis siswa, dapat diterapkan model dan media yang inovatif Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS kelas V SD menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis kearifan lokal menggunakan media misteri amplop. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 2 petemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas V SD 1 Sadang. Teknik Pengumpulan data menggunakan obsrvasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan rata-rata siklus I sebesar 57,21 dan siklus II sebesar 62 ketuntasan klasikal prasiklus sebesar 42%, siklus I sebesar 52%, dan siklus II sebesar 63%.Berdasarkan hasil penelitian dapat menyimpulkan bahawa penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis kearifan lokal media misteri amplop dalam pembelajaran IPAS kelas V SD 1 Sadang dapat meningkatkan kemampuan kritis siswa.
Keywords:
Berpikir kritis, Model Inkuiri, Media Misteri AmplopDownloads
References
Alvina Damayanti, Ika Ari Pratiwi, E. A. I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Permainan Engklek pada Siswa Sekolah Dasar. International Journal of Environmental Research and Public Health, 1(2), 1–10.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Aswaruddin, A. (2021). Manajemen Penilaian Kinerja Guru. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(2), 212–222. https://doi.org/10.31539/alignment.v4i2.2567
Fitria, D., Bakhruddin, A., & Kudus, U. M. (n.d.). Pengaruh Permainan Rangking Satu berbantuan Powerpoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPAS di Kelas IV SD The Influence of the Rank One Game Assisted by Interactive Powerpoint on Science Learning Outcomes in Class IV Elementary School. 4(2), 146–158.
Hesti Lilis Setyawati, D., Fakhriyah, F., & Khamdun, K. (2020). Peningkatan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dengan Menerapkan Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Lempar Karet Pengetahuan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V(Vol 5 Nomor 2 Desember 2020). https://doi.org/10.23969/jp.v5i2.3426
Kantirahayu, M., Khamdun, & Ardianti, S. D. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI BERBANTU MEDIA KONKRET DI KELAS V SD. 11(4), 1940–1950.
Mauliana Wayudi, S., & Budi Santoso. (2019). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008
Muhamad Barnansyah, R., Sadullah, S., & Izzudin, A. (2023). Penguatan Kompetensi Mengajar Calon Guru Pendidikan Agama Islam. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 7(2), 241–250. https://doi.org/10.21009/hayula.007.02.07
Nihayatul Fadlilah, U., Purbasari, K., & Imaniar. (2024). Implementasi Pembelajaran IPAS Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Kelas V. Journal on Education, 06(03), 16314–16321.
Nofriyadi, R., Pratiwi, I. A., & Setiawan, D. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. P2M STKIP Siliwangi, 9(2), 161–167. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i2.2980
Nur Arifiyah Ningrum, Ika Ari Pratiwi, & Lovika Ardana Riswari. (2023). Model Project Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(3), 708–716. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1159
Rahmawati, dkk. (2023). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (PbI) di MAN 2 Pontianak. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 298–306. http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JURDIP/article/view/2083
Sari, I. N., Ardianti, S. D., & Khamdun, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media PSA (Panggung Siklus Air) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 302–310. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.539
Soraya, S. Z., Harisatunisa, H., & Musyahid, M. (2023). Analisis Implementasi Microteaching Dalam Pengembangan Keterampilan Dasar Mengajar Calon Guru Ips. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 21(2), 331–344. https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i2.6335 https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i2.6335
Sipayung, S., Sihaloho, S., Tarigan, H., Sinurat, T., Tarigan, N., Girsang, H., Damanik, W., Dongoran, D., & Sinaga, M. (2024). Mircotheacing Sebagai Langkah Awal Calon Guru dalam Menguasai Keterampilan Dasar Mengajar di Kelas. 3(3).
Sudewiputri, M. P., Astuti, N. M. I. P., & Febryan, I. (2023). Penerapan 138 Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PGSD Universitas Triatma Mulya. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(1), 97–109. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i1.107
Tumanggor, M. (n.d.). Berfikir Kritis : Cara jitu menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Gracias Logis Kreatif. https://books.google.co.id/books?id=51gwEAAAQBAJ
Yunia Filiyanda, F. F., & Ika Ari Pratiwi. (n.d.). model mind mapping berbantuan media puzzle terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa kelas v. 279–290.
Zahara, N. N., Murtono, M., & Pratiwi, I. A. (2021). Efektivitas Media E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 02 Ngabul Jepara. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1), 0–5. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i1.6063
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 luthfiana izaturrohmah, Ika Ari Pratiwi, Khamdun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work