Implementasi Guru Dalam Pembelajaran Daring, Luring Dan Tatap Muka Pada Masa Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1289Abstract
Adanya wabah dan penularan Covid-19 kondisi ini tentunya memberi dampak yang sangat fatal dalam keberlangsungan pendidikan terutama di negara kita Indonesia. Walaupun demikian kita berharap dapat melewati ujian ini dengan adanya kebersamaan dalam mengikuti aturan pemerintah dan kita harus melaksanakan aturan tersebut agar kita, keluarga kita dan orang-orang yang ada disekitar kita terhindar wabah dan penularan Covid-19 tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi guru dalam pembelajaran daring, luring dan tatap muka pada masa Covid-19 di Kelas IV SDIT Ummul Qurro’ Gondang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah anlisis diskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ditujukan kepada kepala sekolah dan guru kelas IV SDIT Ummul Qurro’ Gondang. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Adanya kesiapan guru dalam pembelajaran, dimana guru telah siap dalam pembuatan RPP sebelum pelajaran dimulai, kesiapan dalam daftar kelas dimana buku daftar kelas sudah diisi guru sesuai kehadiran siswa, kesiapan dalam jurnal pembelajaran, dimana buku jurnal pembelajaran sudah diisi setiap hari oleh guru sesuai jadwal mengajar dan kesiapan dalam daftar penilaian, dimana buku penilaian sudah diisi oleh guru mulai nilai ulangan harian, nilai tengah semester dan nilai akhir semester. (2) Metode, pendekatan, kendala guru dalam pembelajaran serta hasil yang dicapai guru setelah proses pembelajaran, dimana guru menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan demonstrasi, guru menggunkan pendekatan Scientific Approach, kendala guru dalam pembelajaran adalah ketersediaan alat pendukung yang kurang atau HP, masalah finansial dan psikologis, pengeluaran guru menjadi bertambah dan guru harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan. Jadi yang dicapai guru setelah proses pembelajaran daring, luring dan tatap muka, dimana setelah dilaksanakan pembelajaran semangat, kedisiplinan dan kesiapan guru dalam pembelajaran meningkat.
Keywords:
pembelajaran daring, luring, tatap mukaDownloads
References
Fitriani, Wiyatul (2013). Eefektivitas Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Bordir Pada Siswa Tata Busana Kelas XI Di SMK Negeri I Kendal. Fashion and Fashion Education Journal. Vol. 2 No. 1, 2013.
Imron, Imron (2019). Analisis Pengruh Kualitas Produk Terhadap Keouasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pda CV Meubele Berkah Tangerang. Indonesia Journal on Softwere Engineering. Vol. 5 No. 1, 2019. Hal. 19-28.
Mahardi, Rizka Dwi (2019). Analisis Proses Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Badran 2. (http://repository.”. stkipmodernngawi. Ac. Id. Diakses 2 Februari 2021).
Pohan, A.E. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Grobogan: CV Sarnu Untung.
Prabowo, Aan dan Heriyanto (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-BOOK) Oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Vol. 2, 2013. Hal. 1-9.
Rahmawati, Arum Dwi dan Doko Hari Supriyanto (2017). “Pengembangan Media Zebra Pada Materi Satuan Pengukuran Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 9 No. 2 Tahun 2017, Hal. 1377-1426.
Restanti, Dina Kurnia dkk. 2020. Pembelajaran Luring. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Supriyanto, Doko Hari (2017). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Pembelajaran Group Invwestigation Kelas IV Di SDN Tambakromo 2. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. Vol. 3 No. 1, uli 2017.
Supriyanto, Djoko Hari dan Arum Dwi Rahmawati. (2019). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika dengan menggunakan Media Styrofom Kelas III SDN Tambakromo II Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi. Juenal Pendidikan Modern. Vol. 04 No. 03 Tahun 2019, Hal 10-17.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Surat Edaran Nomor 15 (2020) Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wana, Prima Rias (2021). Pengaruh Penggunaan Media Teka-teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Kelas V. Jurnal Pendidikan Modern. Vol. 06 No. 2, 2021. Hal. 100-107.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work