Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1286Abstract
Penggunaan media dalam pembelajaran sangat penting untuk membangun kualitas proses belajar agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Penggunaan media dalam proses belajar mengajar harus kreatif serta inovatif untuk menjauhkan siswa dari kejenuhan dalam belajar dan dapat menumbuhkan minat belajar siswa dalam pembelajaran . penelitian ini memiliki tujuan untuk melihati pengaruh aplikasi quizizz terhadap minat belajar IPA siswa kelas V SDN 19 Kramat Jati. Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment dengan bentuk posttest only control design. Dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Uji Validitas menggunakan rumus product moment dan dari 30 pernyataan didapatkan 25 pernyataan valid dan 5 pernyataan drop. Uji Reliabilitas menggunakan rumus alpha cornbach. Uji analisis persyatan normalitas menggunakan uji Liliefors dan Uji Homogenitas menggunakan Uji Fisher. Terkahir, Uji Hipotesis dilakukan menggunakan uji-t . Hasil penelitian ini menjunjukkan bahwa adanya pengaruh aplikasi quizizz terhadap minat belajar IPA siswa kelas V SDN Kramat Jati 19.
Keywords:
aplikasi quizizz, minat belajar, IPADownloads
References
AH, H. F., Arief, Z. A., & Muhyani, M. (2019). Strategi Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Arab. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 112. https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1843
Fatahullah, M. M. (2016). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan bahan kajian yang wajib dimuat dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah yang antara lain mencakup ilmu bumi , sejara. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 237–252.
Fauza, L., & Farida, I. (2020). Pengembangan media komik siklus air untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v di sekolah dasar. Jpgsd, 08, 89–99.
Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 22–32. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1383
Kurniawan, M. C. D., & Huda, M. M. (2020). Pengaruh penggunaan quizizz sebagai latihan soal terhadap hasil belajar siswa kelas v sd. E-Journal.Hikmahuniversity.Ac.Id, 03(01), 37–41. http://e-journal.hikmahuniversity.ac.id/index.php/jpk/article/view/317
Putri, A., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
Solikah, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019 / 2020 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP MOT. Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1–8.
Sugiono, dr prof. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D (D. Sutopo (ed.); 2nd ed.). alfabeta.
TAUFIK, M., & KRISTANTO, A. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android Mata Pelajaran Fisika Materi Listrik Arus Searah Kelas Xi Smk Negeri 2 Kediri. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2), 1–8.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work