Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matakuliah Managemen Perubahan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1258Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Discovery Learnig dalam meningkatkan hasil belajar managemen perubahan tentang perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Managemen STIE Semarang, dengan subjek penelitian mahasiswa kelas IA yang berjumlah 41 mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan mengguanakan model Discovery Learning yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Proses pengumpulan data melalui tes penguasaan hasil belajar managemen perubahan mahasiswa, dan nontes berupa hasil observasi pelaksanaan metode pembelajaran melalui metode discovery learnig dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas dosen dan mahasiswa, wawancara, catatan lapangan, dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar managemen perubahan. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar managemen perubahan mahasiswa pada siklus I adalah 75,60% sedang pada siklus II adalah 87,80% dengan peningkatan sebesar 12,2%. Kemudian, rata-rata peningkatan persentase aktivitas dosen pada siklus I dan II yaitu dari 73,61% menjadi 90,27% dengan peningkatan 16,6% sedangkan rata-rata peningkatan persentase aktivitas mahasiswa pada siklus I dan II yaitu dari 62,49% menjadi 82,14% dengan peningkatan sebesar 19,65%. Dari hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukkan bahwa 90% mahasiswa berhasil meningkatkan hasil belajar managemen perubahan dengan hasil belajar yang baik sehingga penerapan model Discovery Laerning dalam penelitian ini terbukti dan dapat di terima dalam meningkatkan hasil belajar managemen perubahan mahasiswa kelas IA semester 2 Prodi Managemen STIE Semarang
Keywords:
discovery learning, managemen perubahan, hasil belajarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work