Penggunaan Media Video dalam Pembelajaran Managemen Pemasaran untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Natoil STIE Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1073

Keywords:

media video, managemen pemasaran, pemahaman, covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media video dalam mata kuliah managemen pemasaran untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa kelas A Prodi Managemen STIE Semarang Tahun Akademik 2020/2021. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap masing-masing siklus dalam penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa kelas A yang mengambil mata kuliah managemen pemasaran di Prodi Managemen STIE Semarang Tahun Akademik 2020/2021. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan nilai ketuntasan kelas A pada kegiatan pembelajaran pra siklus 60 % mahasiswa. Pada siklus I meningkat menjadi 80 % ketuntasan mahasiswa dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 90 % mahasiswa tuntas dari KKM yang telah ditentukan yaitu 70 dengan indikator klasikal 75% mahasiswa tuntas dikatakan berhasil. Sehingga bisa dikatakan penggunaan media video dapat meningkatka pemahaman mata kuliah  managemen pemasaran pada mahasiswa kelas A Prodi Managemen STIE Semarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Siti Umi Nur, Sarjono, Ahmad Hariyadi (2020). Penerapan Motode Pembelajaran Resitasi dan Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Perpajakan pada kelas XI IPS MA Abu Dzarrin Kendal Bojonegoro Tahun Ajaran 2019/2020. Lentera Vol 13 (2). 305-314.
Ayun Sirosa, M., Sarjono, Ahmad Hariyadi (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Pondok Pesantren Al Husna Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII C di MTs Islamiyah Malo Tahun Ajaran 2019/2020. Aksara Vol. 7(1). 29-36.
Cakir, I. (2006). The use of video as an audio-visual material in foreign language teaching classrooms. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 5(4), 67-72.
Darmuki, Agus. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol 6(2),655-661.
Darmuki, A. & Ahmad Hariyadi. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Kredo. 3(1), 62-72.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi. 2019. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tingkat IB IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Kredo. 2(2), 256-267.
Darmuki, A. & Hidayati N.A. (2019). An Investigation of The Cooperative Learning Using Audio Visual Media in Speaking Skill Subject. ICSTI. 121-126.
Darmuki, A. & Hidayati, N.A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol. 6(2), hlm 9-18.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Cooperative, Synectics, and CTL Learning Models Toward Speaking Ability Viewd from Students Motivation. Proceeding International Conference on Intellectuals’Global Responsibility (ASSEHR). Vol. 125, 75-79.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch. 8(1) pp. 44-51.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2018). The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction. 11(2), 115-128.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Kredo. 3 (2), 263-276.
Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Video Faststone di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 389-397.
Hariyadi, A., Agus Darmuki. (2019). Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial. PGSD UMK 2019, 280-286.
Hariyadi, Ahmad. 2018. User Of Smart Ladder Snanke Media to Improve Stundent Learning Outcomes Of IV Grade Students of State Elementary School I Doropayung Pancur Rembang. Refleksi Edukatika. Vol. 9 (1), 107-111.
Hasanah Uswatun , Sarjono , Ahmad Hariyadi. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Aksara. Vol. 7(1). 43-52.
Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252-259.
Hidayati, Nur A., Herman J. W., Retno W., Suyitno. (2019). Meanings and Values of Local Wisdom in Sura Salvation Ceremony of Samin Jepang Community, Indonesia for Audio Visual Technology-Based Learning. EUDL. DOI:10.4108/eai.19-10-2018.2282549.
Ivers, K., & Baron, A. (2002). Multimedia Project in Education. Santa Barbara: ABC-CLIO LLC.
Madhuri, J. N. (2013). Use of Audio Visual Aids in Teaching and Speaking. Research Journal of English Language and Literature, 1(3), 108-122.
Mutar, S.S (2009). The effect of using technical audio-visual aids on learning technical English language at technical institutes. Journal for Academic Studies, 8(15), 1-12.
Mayer, R. E. (2001). Multimedia Learning. Cambridge, UK: Cambridge University Press.
Smaldino, S. E., Russell, J. D., Heinich, R., & Molenda, M. (2002). Instructional Technology and Media for Learning (8th Ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson.
Wiji Astutik, S. Sarjono, Ahmad Hariyadi. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar IPS Siswa kelas VII SMPN 1 Senori Tahun Ajaran 2019/2020. Aksara. Vol. 7(1). 37-42.

Downloads

Published

2021-05-24

How to Cite

Natoil, N. (2021). Penggunaan Media Video dalam Pembelajaran Managemen Pemasaran untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 432–438. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1073

Issue

Section

Articles