Penerapan Model Problem Based Instruction Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Authors

  • Yayah Wihayah SDN Suniabaru II, Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1196

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran IPA dengan menggunakan Model Problem Based Istruction. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa III SDN Suniabaru II yang berjumlah 23 orang. Dalam penelitian ini, pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan menentukan persentase  ketuntasan belajar dan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa dan rata-rata hasil belajar  IPA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Istruction. dapat meningkatkan hasil belajar siswa III SDN Suniabaru II, Majalengka pada mata pelajaran IPA.

Keywords:

hasil belajar, problem based istruction, IPA

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 361
Downloads Count: 324

Published

2021-06-30

How to Cite

Wihayah, Y. (2021). Penerapan Model Problem Based Instruction Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 567–573. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1196

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.