Implementasi Pojok Baca di Kelas dalam Mendukung Budaya Literasi

Tinjauan pada Program Gerakan Literasi Sekolah

Authors

  • Intan Kusumawardhany Universitas Negeri Semarang
  • Tri Joko Raharjo Universitas Negeri Semarang
  • Tri Suminar Universitas Negeri Semarang
  • Decky Avrilianda Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Subali Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.11815

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan baru serta penemuan. Yang kedua adalah untuk membuktikan atau menguji pengetahuan yang sudah ada. Yang ketiga adalah untuk mengetahui perkembangan sarana pojok baca berpengaruh penting dalam mensukseskan gerakan literasi sekolah. Studi ini adalah penelitan kepustakaan analisisnya adalah menganalisis isi dari  artikel. Setelah itu, artikel atau jurnal yang sesuai kriteria kemudian dijadikan satu dan dibuat rangkuman jurnal yang mencakup nama penulis, sampel, tahun diterbitkan jurnal, tujuan penelitian, alat ukur (instrumen), dan hasil atau temuan penelitian. Dalam literatur, sepuluh artikel membahas pojok baca dalam program GLS, semua artikel yang diperoleh adalah jurnal nasional dengan melakukan pencarian pada publish or perish menggunakan "pojok baca, gerakan literasi sekolah" adalah kata kuncinya. setelah itu dievaluasi dengan analisis evaluasi kritis untuk memeriksa inti jurnal dan hasil studi untuk mengidentifikasi kesamaan dan perbedaan antara jurnal  tersebut.Dari hasil pencarian 10 jurnal tersebut terdapat 6 jurnal yang membahas tentang peran pojok baca terhadap gerakan literasi sekolah. Beberapa temuan penting yang diperoleh dari berbagai jurnal termasuk dibuatnya ruang baca didalam sudut kelas sangat berkontribusi mensukseskan program gerakan literasi sekolah. Kedua, ruang baca didalam sudut kelas membuat minat membaca siswa dapat meningkat sehingga siswa dapat bertambah wawasannya. Ketiga, memberikan pengaruh yang positif antara sarana pojok baca dalam mendukung budaya literasi.

Keywords:

Gerakan literasi sekolah, Membaca, pojok baca

Downloads

Download data is not yet available.

References

. O. (2024). Pisa 2022. Perfiles Educativos, hal. 188–202. https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714

Agustina, N., Ramdhani, I. S., & Enawar. (2022). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Terhadap Minat Baca Kelas 4 SDN Bojong 04. Al-Irsyad, 105(2), 79. Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Arista, R. (2024). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Penggerak SDN 198/1 Pasar Baru, 5(4).

Aswat, H., & Nurmaya G, A. L. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585

Fauzan, S., Pramesti, W., Dwi, V., & Putra, A. (2021). Menumbuhkan Minat Baca Anak Sebagai Bagian Dari Gerakan Literasi Nasional Melalui Pembuatan Pojok Baca Desa Karangan. ABIDUMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 26–32. https://doi.org/https://doi.org/10.33752/abidumasy.v2i2.1956%0D

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526

Indriani, A. P., Hermadianti, A., Oktobriani, B. T., & Puji Lestari, D. A. (2022). Pembentukan Pojok Baca Sebagai Upaya Pengaplikasian Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah di SDN 6 Nagri Kaler. Jurnal Abmas, 22(1), 37–43. https://doi.org/10.17509/abmas.v22i1.47589

Kemendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Permendikbud, 45.

Khusna, S., Mufridah, L., Sakinah, N., & Annur, A. F. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 101–112. https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.454

Know, W. S., & Do, C. A. N. (2019). PISA 2018 Results (Volume I) (Vol. I). https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Mansyur, U., & Rahmawati, S. (2023). Pojok Baca MTs Wihdatul Ulum Bontokassi Kabupaten Gowa sebagai Wujud Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Madaniya, 4(1), 44–53. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.53696/27214834.343

Mansyur, U., Rusdiah, R., Taufik Hidayat, & Aulia Annisa. (2024). Penggunaan Pojok Baca dalam Mengoptimalkan Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 2630–2638. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3300

Megantara, K., & Abdul Wachid BS. (2021). Pembiasaan Membaca dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(2), 383–390. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1230

Nirmala, S. D. (2022). Problematika Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 393. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8851

Pujiati, D., Basyar, M. A. K., & Wijayanti, A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 57–68. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2615

Putri, R., Susilawati, W. O., & Sukron, M. (2021). Analisis Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Di SD Negeri 104/II Sungai Pinang. Innovative: Journal of Social Science Research, 1(2), 109–112.

Rasidi, M. A., & Susetiyo, A. (2023). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Gerakan Literasi Sekolah. Nidhomiyyah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 129–137. https://doi.org/10.38073/nidhomiyyah.v4i2.1030

Saugadi, S., Malik, A. R., & Burhan, B. (2021). Analisis Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 4(2), 118–126. https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i2.1659

Sinaga, I. F., Sinaga, C. V. R., & Thesalonika, E. (2022). Pengaruh Pojok Baca terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas V SDN 091254 Batu Onom. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 1–11.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Winoto, Y., & Sukaesih. (2020). Strategi Pengembangan Koleksi Pada Perpustakaan Desa Dan Taman Bacaan Masyarakat Di Era Kenormalan Baru. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 5(2). Diambil dari http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/article/view/7509

Yau, F., & Fitriani, A. A. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas Iv Sd 59 Mariat Pantai Kabupaten Sorong. Unimuda, 1–8.

Downloads

Abstract Views : 363
Downloads Count: 158

Published

2025-01-17

How to Cite

Kusumawardhany, I., Raharjo, T. J., Suminar, T., Avrilianda, D., & Subali, B. (2025). Implementasi Pojok Baca di Kelas dalam Mendukung Budaya Literasi: Tinjauan pada Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.11815

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.