Penerapan Strategi Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1021Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penelitian meningkatkan ketrampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI SD dengan menggunakan strategi cooperative script. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah guru dan siswa kelas VI SD Sukasari Kidul I dengan siswa yang berjumlah 29 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Adapun instrumen dalam pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar wawancara, dan RPP. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan strategi pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan ketrampilan menyimak pada setiap siklus. Sebelum tindakan (pra siklus) jumlah siswa yang dapat mencapai KKM hanya 45% dan yang memiliki ketrampilan menyimak sebanyak 57% dan pada siklus I ketrampilan menyimak meningkat menjadi 63% kemudian pada tindakan terakhir siklus II mencapai 76% kesimpulan bahwa penerapan strategi cooperative script dapat meningkatkan ketrampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI SD Negeri Sukasari Kidul I.
Keywords:
keterampilan, menyimak, strategi, cooperative scriptDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work