Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD: Literatur Review
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10206Abstract
Penelitian ini merupakan tinjauan pustaka yang bertujuan untuk mengkaji penggunaan media pembelajaran Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Wordwall adalah platform digital yang menyediakan berbagai jenis permainan edukatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran interaktif, termasuk untuk mata pelajaran seperti IPA, IPS, dan Matematika. Melalui review dari berbagai penelitian yang relevan, ditemukan bahwa penggunaan Wordwall dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar, partisipasi aktif, dan pemahaman konsep siswa. Platform ini memungkinkan siswa untuk belajar secara menyenangkan melalui fitur seperti kuis, teka-teki, dan permainan lainnya yang dapat diakses secara mudah dan menarik. Beberapa studi menunjukkan bahwa Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih dinamis dan berpusat pada siswa. Selain itu, penggunaan Wordwall juga terbukti efektif dalam mendukung penerapan model-model pembelajaran berbasis proyek dan masalah, serta meningkatkan kreativitas dan keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan temuan-temuan yang ada, artikel ini menyarankan agar media Wordwall diterapkan lebih luas di sekolah dasar sebagai alat bantu pembelajaran yang inovatif dan efektif.
Keywords:
Wordwall, Hasil Belajar, Meda PembelajaranDownloads
References
Aprilia, D. P., Tryanasari, D., & Kartikasari, A. H. S. (2024). Efektivitas penggunaan media game edukasi Wordwall terhadap hasil belajar IPAS di SDN Karangtengah 4 Ngawi. Konferensi Ilmiah Dasar, 2(1), 45-55.
Layyina, H., Nursyahadiyah, F., & Listyarini, I. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui model project based learning berbantuan media Wordwall pada siswa kelas V SDN Peterongan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar: PENDAS, 12(3), 112-125.
Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). Pengaruh penggunaan media interaktif berbasis Wordwall quiz terhadap hasil belajar IPA di sekolah dasar. Cakrawala Pendas, 4(2), 78-89.
Fidya, I., Romdanih, R., & Oktaviana, E. (2021). Peningkatan hasil belajar IPS melalui media game interaktif Wordwall. SEMNARA, 3(2), 123-134.
Savira, I. A., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh media aplikasi Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA di sekolah dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 100-110.
Nadia, D. O., & Desyandri, D. (2022). Pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(1), 65-75.
Kurnia, N., Permana, E. P., & Permatasari, C. (2023). Implementasi media game edukasi Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 34-46.
Rodzikin, K., & Cahya, D. M. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa SD Negeri 4 Palembang melalui model problem based learning berbantuan media Wordwall. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 8(2), 90-102.
Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas aplikasi Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika sekolah dasar. JURNALBASICEDU, 5(3), 67-79.
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas media pembelajaran aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. JURNALBASICEDU, 5(4), 85-97.
Tanthowi, I., dkk. (2022). Efektivitas penggunaan media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa. JUSTEK: Jurnal Sains dan Teknologi, 3(2), 56-67.
Marhamah, M., & Mulyadi, M. (2020). The effect of using Word Wall picture media and linguistic intelligence to enhance learning outcomes of English vocabularies. Journal of Educational and Social Research, 10(3), 100-115.
Maisuroh, S., Aisyah, N., & Sanjani, M. A. F. (2024). Connecting tradition with innovation: The impact of Wordwall on learning outcomes in Fiqh studies. F O N D A T I A Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 120-134.
Hidayaty, A., Qurbaniah, M., & Setiadi, A. E. (2022). Application of Wordwall learning media to improve the creative thinking ability of third grade primary school students in learning science. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 140-155.
Aliyah, T., Yuliyanto, A., Farikhin, I., Amanaturrakhmah, I., Tasrini, T., & Yasin, M. (2024). The influence of Word Wall on students’ interest and learning outcomes. Improving Quality of Education in Elementary School, 6(2), 210-225.
Susanto, E., & Sari, M. E. (2023). Effectiveness of using the Wordwall application on student learning outcomes. Media Informasi Pendidikan Islam, 9(3), 50-65.
Safitri, D., dkk. (2023). Improvement of student learning motivation through Word-Wall-based digital game media. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 115-128.
Yanti, Y., Raharjo, T. J., & Sumarni, W. (2022). The improvement of students’ learning outcomes and report writing skills at the sixth grade elementary school use the learning model Think-Talk-Write and Wordwall media. Journal of Primary Education, 5(4), 89-102.
Azzahra, F., Rahmadita, J., & Hazmi, M. Z. (2024). The effectiveness of using Wordwall website in improving science learning motivation in elementary school: A literature review. International Journal of Education and Learning Assessment, 11(3), 45-59.
Lestari, R., & Rohmani, R. (2024). Analysis of the effectiveness of Wordwall media use on science learning outcomes in elementary schools. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 8(1), 125-137.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Farida Retno Hartati, Sri Sumartiningsih, Agus Yuwono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work