EFEKTIVITAS MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS LEARNING MANAGAMENTS SYSTEM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Salsabila Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Samsul Maarif Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2924

Keywords:

blended learning, kemampuan literasi matematis

Abstract

Literasi matematis merupakan literasi yang penting dimiliki oleh siswa. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang belum menguasasi literasi ini dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model pembelajaran blended learning berbasis learning management system terhadap kemampuan literasi matematis siswa Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif eksperimen mengunakan desain penelitian yang Pre-test post-test control grup design. Sedangkan Populasi pada penelitian ini ialah siswa kelas IV SDN Cengkareng Barat 04 Petang yang terbagi menjadi dua sampel, diantaranya kelompok yang diberikan perlakuan (eksperimen) 30 siswa dan kelompok pembelajaran konvensional (control) 30 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan Paired sample t-test dan effect size. Dari hasil perhitungan diketahui nilai rata-rata kelas eksperimen pada hasil post test sebesar 82,93 dan 75,80 pada hasil penilaian akhir kelompok Kontrol. Karena >  Maka ditolak dan dapat diterima. Oleh karena itu, ditemukan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen (model blended learning berbasis google classroom) dan kelas control (Model Konvensional). Demikian dapat dikatakan bahwa model Blendeed Learning berbasis learning management system (google classroom) dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(1), 855–866.

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5113–5126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2659

Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 2339–2347. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1201

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283.

Farida, A., & Indah, R. P. (2019). Penerapan Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Critical Thinking Mahasiswa. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 19–27. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v5i2.138

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535

Hadiansyah, M. H. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Kemahiran Menyimak di MAN 1 Tulungagung. Konferensi Nasional Bahasa Arab, 207–215.

Idris, H. (2018). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1), 61–73. https://doi.org/10.30984/jii.v5i1.562

Kusumadewi, R. F. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(1), 11–16.

Kusumawardani, D. R. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. 1, 588–595.

Machaba, F. M. (2018). Pedagogical demands in mathematics and mathematical literacy: A case of mathematics and mathematical literacy teachers and facilitators. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 95–108. https://doi.org/10.12973/ejmste/78243

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

Mufidah, N. L., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19. 9(1), 187–198.

Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557

Ningsih, Y. L., Misdalina, M., & Marhamah, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Metode Statistika Melalui Pembelajaran Blended Learning. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 155. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.1633

Nortvig, A. M., Petersen, A. K., & Balle, S. H. (2018). A literature review of the factors influencing e-learning and blended learning in relation to learning outcome, student satisfaction and engagement. Electronic Journal of E-Learning, 16(1), 45–55.

Rasheed, R. A., Kamsin, A., & Abdullah, N. A. (2020). Challenges in the online component of blended learning: A systematic review. Computers and Education, 144(September 2019), 103701. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103701

Setyoko, & Indriaty. (2018). Implementasi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Media Google Classrom Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 1(2), 5–10.

Utari, W., Tambunan, E. R., Arrasyid, I. C., Fauziyah, M., Nisrina, R. H., Damanik, Y., Mulyana, A., Putri, H. E., & Sari, N. T. A. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Bagi Guru SDN 9 Nagrikaler Purwakarta untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematis Siswa. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 1(2), 142–152.

Uz, R., & Uzun, A. (2018). The influence of blended learning environment on self-regulated and self-directed learning skills of learners. European Journal of Educational Research, 7(4), 877–886. https://doi.org/10.12973/eu-jer.7.4.877

Wahyunita, I., & Subroto, W. T. (2021). Efektivitas model pembelajaran blended learning dengan pendekatan STEM dalam upaya meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 3(3), 1010–1021.

Widiara, I. K. (2018). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Era Digital. PURWADITA: Jurnal Agama Dan Budaya, 2(2), 50–56.

Wulandari, E., & Azka, R. (2018). Menyambut Pisa 2018: Pengembangan Literasi Matematika Untuk Mendukung Kecakapan Abad 21. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i1.14

Zulkardi, Z., & Kohar, A. W. (2018). Designing PISA-Like Mathematics Tasks in Indonesia: Experiences and Challenges. Journal of Physics: Conference Series, 947(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012015

Downloads

Published

2022-10-27

How to Cite

Salsabila, & Samsul Maarif. (2022). EFEKTIVITAS MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS LEARNING MANAGAMENTS SYSTEM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1208–1219. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2924

Issue

Section

Articles