KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Agus Rofi'i Universitas Majalengka
  • Sigit Vebrianto Susilo Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3151

Abstract

Keterampilan membaca permulaan mempunyai peran penting dan pondasi awal dalam keterampilan berbahasa, memahami semua pelajaran, serta kemampuan menyampaikan informasi (bentuk tulisan dan lisan) khusunya untuk peserta didik kelas rendah (I-III). Dalam pelaksanaannya, terdapat peserta didik yang memiliki kesulitan dalam membaca permulaan. Kesulitan membaca ini menjadi penghambat pada proses pembelajaran membaca selanjutnya. Penelitian tentang analisis kesulitan membaca permulaan ini dilakukan pada peserta didik kelas III SDN Burujulwetan IV. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesulitan membaca permulaan peserta didik kelas III di SDN Burujulwetan IV. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan dalam membaca permulaan yaitu kesulitan mengenali huruf, penghilangan atau penggantian huruf, kesulitan membaca setiap kata, kesulitan membedakan huruf vokal dan konsonan, kesulitan menggabungkan huruf dan suku kata menjadi kata, belum memperhatikan tanda baca. Faktor penyebab kesulitan membaca permulaan yaitu kurangnya minat belajar membaca, rendahnya motivasi peserta didik pada saat proses membaca, kesulitan untuk dapat menyampaikan pendapat dalam bentuk lisan atau tulisan, dan menganggap proses membaca merupakan sesuatu yang sulit dilakukan.

Keywords:

Keterampilan Membaca Permulaan, Faktor Penyebab Kesulitan Membaca

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agus Rofi'i, Universitas Majalengka

 

 

Sigit Vebrianto Susilo, Universitas Majalengka

 

 

References

Agusalim dan Suryanti. (2021). Konsep dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Rendah. Pasuruan : Bintang Pustaka Madani (CV. Bintang Surya Madani).

Altarac, M., & Saroha, E. (2007). Lifetime prevalence of learning disability among US children. Pediatrics, 119(Suppl. 1), S77–S83. https://doi.org/10.1542/peds.2006-2089L

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed.). American Psychiatric Association. https://doi.org/10.1176/appi.books.9780890425596

Anggraeni, Sri Wulan dan Yayan Alpian. (2020). Membaca Permulaan dengan Teams Games Tournament (TGT). Pasuruan : CV. Penerbit Qiara Media.

Benati, Alessandro. (2020). What is the Role and Nature of Language and Language Development?. Journal Language Teaching Research Quarterly.Vol. 20, 60–71.

Betthäuser, B. A., Bach-Mortensen, A., & Engzell, P. (2022). A systematic review and meta-analysis of the impact of the COVID-19 pandemic on learning. https://doi.org/10.35542/osf.io/d9m4h

Boland, R., Verduin, M. L., & Ruiz, P. (Eds.). (2022). Kaplan & Sadock’s synopsis of psychiatry (12th ed.). Wolters Kluwer.

Boon-yasidhi, V. (2021). จิตเวชศาสตร์ เด็กและวัยรุ่ นในเวชปฏิบัติ [Child and adolescent psychiatry in clinical practice]. Department of Pediatrics, Faculty of Medicine, Siriraj Hospital Mahidol University.

Christianti, M. (2013). Membaca dan Menulis Permulaan Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 2, No. 2.

Creswell, John. W. (2016). Research Design : Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hammerstein, S., König, C., Dreisoerner, T., & Frey, A. (2021). Effects of COVID-19-related school closures on student achievement—A systematic review. Frontiers in Psychology, 12, 4020. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.746289

Harmer, Jeremy. (2002). The Practice of English Language Teaching 3rded. Malaysia : Longman.

Hasbrouck, J. & Tindal, G. (2017). An update to compiled ORF norms (Technical Report No. 1702). Eugene, OR, Behavioral Research and Teaching, University of Oregon.

Hidayah, dkk. (2021). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Bawah di MI BAHRUL ULUM SEKAPUK UJUNGPANGKAH GRESIK. JPMI : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 3, No. 1.

Lestari, Nur E.I,dkk. (2021). Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V SDIT HIDAYATULLAH Di Desa Daren Selama Di Rumah. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 2, No. 4.

Martin, A., & Volkmar, F. R. (2007). Lewis’s child and adolescent psychiatry: A comprehensive textbook (4th ed.). Lippincott Williams & Wilkins.

Miles, M. B dan A. Michael Huberman. (1994). Qualitative Data Analysis. California: Sage Publications.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram : Sanabil Creative.

Munirah, M. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 3, No. 02, 113.

Munthe, Ashiong P. (2018). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flash Card Pada Pelajaran Membaca Permulaan. JDP : Jurnal Dinamika Pendidikan. Vol. 11 No. 3, hlm.214.

Oktaviani, Rafika Elsa dan Nursalim. (2021). Prinsip-prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI. PENTAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.Vol.7,No.1,hlm.4.

Paris, S. G. (2005). Reinterpreting the development of reading skills. Reading Research Quarterly, 40(2), 184–202

Piyasil, V., & Wangtan, S. (2016). Learning Disorders and Comorbidity. Journal of the Psychiatric Association of Thailand, 60(4), 287–296. https://he01.tcithaijo.org/index.php/JPAT/article/view/45616

Pramesti, Fitria. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 3.

Roongpraiwan, R., Ruangdaraganon, N., Visudhiphan, P., & Santikul, K. (2002). Prevalence and clinical characteristics of dyslexia in primary school students. Journal of the Medical Association of Thailand, 85(11), 1097–1103. http://www.jmatonline.com/index.php/jmat/article/view/4891

Shah, H. R., Sagar, J. K. V., Somaiya, M. P., & Nagpal, J. K. (2019). Clinical practice guidelines on assessment and management of specific learning disorders. Indian Journal of Psychiatry, 61(Suppl. 2), 211–225. https://doi.org/10.4103/psychiatry.IndianJPsychiatry_564_18

sShaywitz, S. E., & Shaywitz, B. A. (2020). Dyslexia. In R. M. Kliegman & J. St Geme (Eds.), Nelson Textbook of Pediatrics (21st eds) (pp. 267–269). Elsevier.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Susilo, Sigit Vebrianto. (2018). Refleksi Nilai-nilai Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Upaya Upaya Mengembalikan Jati Diri Pendidikan Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 4 No.1.

Thapar, A., Pine, D.S., Leckman, J. F., Scott, S., Snowling, M. J., & Taylor, E. A. (Eds.). (2015). Rutter’s child and adolescent psychiatry (6th ed.). Wiley-Blackwell.

Thorn, W., & Vincent-Lancrin, S. (2021). Schooling during a pandemic: The experience and outcomes of schoolchildren during the first round of COVID-19 lockdowns. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/1c78681e-en

Tunmer, W. E., & Hoover, W. A. (2019). The cognitive foundations of learning to read: A framework for preventing and remediating reading difficulties. Australian Journal of Learning Difficulties, 24(1), 75–93.

West, M., & Lake, R. (2021). How much have students missed academically because of the pandemic? A review of the evidence to date. Center on Reinventing Public Education. https://www. crpe.org/publications/how-much-have-students-missed-academically-because-pandemic-reviewevidence-date

Westwood, Peter. (2001). Reading and learning difficulties: approaches to teaching and assessment. Victoria : The Australian Council for Educational Research Ltd.

Yusuf and Fulya ZORLU. (2021). Investigation of The Relationship Between Preservice Science Teachers' 21st Century Skills and Science Learning Self-Efficacy Beliefs with Structural Equation Model. Journal of Turkish Science Education. Vol. 18, No. 1.

Zierer, K. (2021). Effects of pandemic-related school closures on pupils’ performance and learning in selected countries: A rapid review. Education Sciences, 11(6), 252. https://doi.org/10.3390/educsci11060252

Downloads

Abstract Views : 4898
Downloads Count: 3631

Published

2022-10-31

How to Cite

Agus Rofi’i, & Sigit Vebrianto Susilo. (2022). KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1593–1603. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3151

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 

You may also start an advanced similarity search for this article.