DAMPAK KELUARGA BROKEN HOME TERHADAP PERUBAHAN KEPRIBADIAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2397Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang dampak keluarga broken home terhadap perubahan kepribadian anak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui kajian pustaka. Hasil penelitian yang ditemukan antara lain menjelaskan bahwa pada dasarnya keluarga memiliki peranan yang besar dalam membina dan mengembangkan potensi anak. Akan tetapi, ketika keluarga tidak menjalankan fungsi sebagaimana mestinya terutama pada keluarga broken home, hal tersebut akan berdampak pada anak. Terdapat beberapa dampak yang akan dialami oleh anak ketika berada pada situasi broken home antara lain adalah, (1) rentan terhadap gangguan psikis; (2) membenci orang tua; (3) mudah terpapar pengaruh buruk lingkungan; (4) memandang hidup tidak lagi berarti; (5) tidak mudah bergaul; dan (6) mengalami permasalahan moral.
Keywords:
broken home, children, personalityDownloads
References
A’yuni, Q. A. Y. Q. (2021). Pola Pendidikan Agama Islam Pada Anak Korban Keluarga Broken Home. Imtiyaz: Jurnal Ilmu Keislaman, 5(2), 64-76.
Adristi, S. P. (2021). Peran Orang Tua Pada Anak Dari Latar Belakang Keluarga Broken Home. Lifelong Education Journal, 1(2), 131-138.
Anisah, N., Nursanti, S., & Ramdhani, M. (2021). Positif Behavior And Achievements In Broken Home. Jurnal Komunikatio, 7(1).
Ardilla, A., & Cholid, N. (2021). Pengaruh Broken Home Terhadap Anak. Studia: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa, 6(1), 1-14.
Aritonang, N. N. (2019). Gambaran Perilaku Percobaan Bunuh Diri Pada Remaja Putri Yang Broken Home. Jurnal Stindo Profesional, 2, 48-58.
Ermayani, N., Nurhasela, N., & Marleni, L. (2021). Analisis Perbedaan Belajar Terhadap Siswa Yang Berasal Dari Keluarga Broken Home. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 3(1), 110-116.
Fatchurrahmi, R., & Sholichah, M. (2020). Mindfulness for Adolescents from Broken Home Family. Nternational Journal of Latest Research in Humanities and Social Science (IJLRHSS), 4(02), 60-65.
Februari, A., Yuline, Y., & Purwanti, P. (2020). Studi Kasus Tentang Siswa Yang Mudah Marah Dampak Dari Broken Home Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(4).
Felisilda, M. M. A., & Torreon, L. C. (2020). Effects Of Broken Family On Pupils’behavioral Development And Academic Success. International Journal Of Research-Granthaalayah, 8(10), 216-223.
Hafiza, S., & Mawarpury, M. (2018). Pemaknaan Kebahagiaan oleh Remaja Broken Home. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 59-66.
Hartanti, S. S., & Salsabila, V. (2020). Analisis Kondisi Fisik Dan Psikis Terhadap Anak Korban Broken Home. Edusaintek, 4.
Hasanah, M., & Maarif, M. A. (2021). Solusi Pendidikan Agama Islam Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Keluarga Broken Home. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 39-49.
Hasriani, H., & Zakiyah, A. (2018). Layanan Konseling Dalam Membentuk Konsep Remaja Broken Home. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 1(2).
Herlambang, T.Y. (2018). Pedagogik Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Helambang, Y.T., Wahid, R. & Solahudin, N. (2021). Landasan Pendidikan: Sebuah Tinjauan Multiperspektif Dasar Esensial Pendidikan Indonesia. Bandung: Yayasan Lembaga Pendidikan & Pelatihan Multiliterasi.
Massa, N., Rahman, M., & Napu, Y. (2020). Dampak Keluarga Broken Home Tehadap Perilaku Sosial Anak. Jambura Journal Community Empowerment, 1-12.
Mistiani, W. (2018). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Psikologis Anak. Musawa: Journal For Gender Studies, 10(2), 322-354.
Najmudin, D. (2021). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Broken Home pada Mata pelajaran Pendidika Agama Islam. Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 42-52.
Nento, A. (2019). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Memberi Solusi Siswa Yang Broken Home. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 27-41.
Novianto, R., Zakso, A., & Salim, I. (2018). Analisis Dampak Broken Home Terhadap Minat Belajar Siswa Sma Santun Untan Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3).
Nur, E. (2017). Perilaku Komunikasi Antara Guru Dengan Siswa Broken Home. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(2).
Okafor, O. J. (2021). Influence Of Broken Homes On Academic Achievement Of Secondary Schools Students In Nsukka Education Zone Of Enugu State. Journal of Educational Research & Development, 4(1).
Qolbiyyah, S. (2017). Kenakalan Remaja (Analisis Tentang Faktor Penyebab Dan Solusinya Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam). Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 2(1), 493-512.
Ramadhani, P. E., & Krisnani, H. (2019). Analisis Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Anak Remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 109-119.
Safitri, A. M. (2017). Proses dan faktor yang mempengaruhi perilaku memaafkan pada remaja broken home. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1).
Trianingsih, R., Inayati, I. N., & Faishol, R. (2019). Pengaruh Keluarga Broken Home Terhadap Perkembangan Moral Dan Psikososial Siswa Kelas V Sdn 1 Sumberbaru Banyuwangi. Jurnal Pena Karakter (Jurnal Pendidikan Anak Dan Karakter), 2(1), 9-16.
Wardani, A. K. (2021). Kebahagiaan Anak Broken Home. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6718-6727.
Wulandari, D., & Fauziah, N. (2019). Pengalaman Remaja Korban Broken Home (Studi Kualitatif Fenomenologis). Jurnal Empati, 8(1), 1-9.
Yuli, Y. (2020). Perilaku Sosial Anak Remaja Yang Menyimpang Akibat Broken Home. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 47-50.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rahman Wahid, Yusuf Tri Herlambang, Ani Hendrayani, Sigit Vebrianto Susilo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).