PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFAATAN KAHOOT DAN QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muhammad Fathi Nur Fadly Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Prima Mutia Sari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2792

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pemanfaatan Kahoot dan Quizizz dalam pembelajaran di kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain survey. Instrumen yang digunakan adalah angket. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Kalideres. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Diperoleh sampel sebanyak 117 siswa. Analisis data ini menggunakan skala likert. Penelitian ini menunjukkan aplikasi Kahoot lebih diminati dari aplikasi Quizizz. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa pada aplikasi Kahoot sebesar 71,1 dan pada aplikasi Quizizz sebesar 69,5.

Keywords:

Kahoot ; Pemanfaatan ; Quizizz, kahoot, pemanfaatan, quizizz

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amany, A. (2020). Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–11.

Aulia, A. R., Komalasari, K., & Salira, A. B. (2022). Pengaruh Platform Kahoot Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Di Smpn 12 Bandung. 02(01), 11–18.

Darisman, A. I. M., Suprapto, P. K., & Putra, R. R. (2020). Implementasi Aplikasi Quizizz Pada Materi Jaringan Tumbuhan. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 7(2), 68. https://doi.org/10.25273/florea.v7i2.5297

Fauziah, A. (2021). Students’ Perception On Using Kahoot As A Solution Of Formative Assessment At Ma Al- Burhan Hidayatullah Semarang In Academic Year 2020/2021. 1–5.

Ilhami, Z. (2019). Persepsi Siswa dalam Menggunakan Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Kelas Delapan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2018-2019. Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 128–148. https://doi.org/10.18196/mht.129

Lisnani*, L., & Emmanuel, G. (2020). Analisis Penggunaan Aplikasi KAHOOT dalam Pembelajaran IPA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(2), 155–167. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.16018

Maulidah, E., Syaf, A. H., Rachmawati, T. K., & Sugilar, H. (2020). Berpikir kritis matematis dengan kahoot. Jurnal Analisa, 6(1), 19–27. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8516

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763

Perdana, I., Saragi, R. E. S., & Aribowo, E. K. (2020). Students ’ Perception of Utilizing Kahoot In Indonesian Language Learning. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 08(02), 290–306.

Rafnis, R. (2019). Pemanfaatan Platform Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–9.

Rajagukguk, M. (2020). Inovasi Penilaian Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 45–50. http://digilib.unimed.ac.id/41219/

Rofiq, A. A., Anjaina, A., Romdloni, R., & Ulwiyah, N. (2022). Media Quizizz Mampu Mengatasi Kejenuhan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 101. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.101-112.2022

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Sodiq, M., Mahfud, H., & Adi, F. P. (2020). Persepsi guru dan peserta didik terhadap penggunaan aplikasi berbasis web " Quizizz " sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. 449.

Warsihna, J. (2020). Signifikansi Kahoot : Interaksi Manusia. 08(02), 154–167.

Downloads

Abstract Views : 1051
Downloads Count: 1007

Published

2022-10-26

How to Cite

Muhammad Fathi Nur Fadly, & Prima Mutia Sari. (2022). PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMANFAATAN KAHOOT DAN QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1029–1037. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2792

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.