SASTRA ANAK BERBASIS ECOPRENUERSHIP SEBAGAI MUATAN PEMBELAJARAN LITERASI FINANSIAL DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sani Aryanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Tatat Hartati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bunyamin Maftuh Universitas Pendidikan Indonesia
  • Deni Darmawan Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2569

Keywords:

sastra anak, ecopreneurship, literasi finansial, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu upaya kongkret dalam menyukseskan program pemerintah Indonesia sebagai pemegang estafeta presidensi G20. Hal ini menjadi momentum pemulihan ekonomi secara Nasional dan Internasional. Salah satu kunci keberhasilan Indonesia menjadi bagian G-20 adalah kemampuan literasi finansial penduduk Indonesia. Sastra Anak berbasis ecoprenuership dianggap sebagai konsep yang tepat dalam meningkatkan kemampuan literasi finansial di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN Cipayung 04 Pagi dengan menjadikan dua orang guru kelas IV sebagai subjek utama penelitian. Rasionalisasi pemilihan subjek penelitian didasarkan pada aspek metodologis dan hasil analisis kurikulum 2013.  Penelitian ini menggunakan metode studi kasus melalui wawancara, observasi, dan kajian literatur dengan empat prosedur serta analisis data diantaranya: (1) pengumpulan data yang relevan sesuai dengan fokus penelitian (2) peneliti menyajikan data-data yang telah terkumpul (3) reduksi dan inventarisasi data (4) menyimpulkan berdasarkan hasil verifikasi data yang valid dan reliabel. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pendidikan literasi finansial di Indonesia masih sangat terbatas sehingga diharapkan hasil penelitian ini memberikan gambaran konseptual dan kontekstual untuk setiap guru dan pimpinan sekolah dalam mengembangkan berbagai aktivitas pembelajaran literasi finansial melalui pemanfaatan sastra anak berbasis ecopreneurship.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprea, C., Wuttke, E., & Greimel-fuhrmann, P. D. B. (n.d.). International Handbook of Financial Literacy.

Arianti, A., Riel, A. A. C. R. Van, & Essers, C. (2021). What drives ecopreneurship in women and men ? - A structured literature review. Journal of Cleaner Production, 280, 124336. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.124336

Aryanto, S., Hartati, T., Sumirat, F., Karlina, D. A. Trivena (2021). Kajian Teoretis Pengembangan Fiksimini Berbasis Ecopreneurship Dalam Kontesktualisasi Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 7(2), 179–190.

Aryanto, S., Rahman, R., Hartati, T., Nurkaeti, N., Rony, Z. T., Suharjuddin, S., Lidinillah, D. A. M., & Junaidi, F. (2021). Internalization of Ecopreneurship Values through the Development of Poetry Anthology in Primary School. https://doi.org/10.4108/eai.18-11-2020.2311764

Aryanto, S., Sumirat, F., Kurnia, D. A., & Fajri, M. (2021). Asistensi Pelatihan Menulis Antologi Sastra Anak Berbasis Ecopreneurship Ditinjau dari Penggunaan Media Pembelajaran Sinkronisasi dan Asinkronisasi. 5, 40–48.

Aryanto, S., & Syaodih, E. (2017). Development of Ecopreneurship in Primary School. IJAEDU- International E-Journal of Advances in Education, III(9), 597–602. https://doi.org/10.18768/ijaedu.370428

Aryanto, S., Syaodih, E., Maftuh, B., & Jagad, A. (2018). The ability of superior student in fraction materials based on ecopreneurship. 3(1), 715–719.

Aryanto, S., & Widiansyah, A. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Kreativitas dalam Pembuatan Sastra Anak Berbasis Ecopreneurship. 3(2), 83–90.

Aryanto, S., Widiansyah, A., & Markum, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Berprikir Kreatif Dalam Pembuatan Sastra Anak Berbasis Ecopreneurship Melalui Implementasi Design Thinking. Educational Journal of Bhayangkara, 1(1), 37–44. https://doi.org/10.31599/edukarya.v1i1.107

Creswell, J. W.(2015). Reasearch Design : Qualitative, Quantitative and Mixed Method Approaches. London: Sage

Darmawan, D., & Indonesia, U. P. (2021). Developing of Hologram Multimedia for Speed Learning Through Bio- Communication. August.

Dixon, S. E. A., & Clifford, A. (2007). Ecopreneurship - A new approach to managing the triple bottom line. Journal of Organizational Change Management, 20(3), 326–345. https://doi.org/10.1108/09534810710740164

Ferreira, V. R. D. M. (2011, December). Can Economic Psychology and Behavioural Economics Help Improve Financial Education? Improvıng Fınancıal Educatıon Effıcıency: OECD-Bank of Italy Symposium on Financial Literacy. (pp.104-118).

FINRA (2003). NASD Investor Literacy Research: Executive Summary. Retrieved May 22, 2014, from,http://www.finrafoundation.org/web/groups/foundation/@foundation/documents/foundation/p118411.pdf

Gunawan, A. A., & Dhewanto, W. (2012). Why Eco-friendly Family Business is Less Popular in Indonesia? 57, 61–68. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.1158

Hernawan, A. H., Darmawan, D., & Ali, M. (2021). Environmental Education Based on Local Values: Its Integration in the Indonesian Elementary School Curriculum. Journal of Hunan University …, October 2021. http://www.jonuns.com/index.php/journal/article/view/774%0Ahttp://www.jonuns.com/index.php/journal/article/viewFile/774/770

Hernawan, A. H., Darmawan, D., Septiana, A. I., Rachman, I., & Kodama, Y. (2021). Developing Kamishibai and Hologram Multimedia for Environmental Education at Elementary School. Advances in Science, Technology and Engineering Systems Journal, 6(2), 656–664. https://doi.org/10.25046/aj060276

Houtbeckers, E. (2016). The tactics of ecopreneurs aiming to influence existing practices. 5906(July). https://doi.org/10.1080/13215906.2016.1189353

Isaak, R. (2002). The Making of the Ecopreneur. Summer 81–91 https://doi.org/10.1067/j.sbspro.2002.02.577

Kafabih, A. (2020). Abdullah Kafabih Abdullah Kafabih Sejak dimunculkannyaStrategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia pada tahun. 2(1), 1–16.

Laila, V., Hadi, S., & Subanji. (2019). Pelaksanaan Pendidikan Literasi Finansial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1491–1495.

Mihai, C., & Avasilc, S. (2014). Technological ecopreneurship : conceptual approaches. 124, 229–235. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.02.481

Nacu, C. M., & Avasilcăi, S. (2014). Technological Ecopreneurship: Conceptual Approaches. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 124, 229–235. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.02.481

OECD. (2018). PISA 2018 Mathematics Framework. Diambil dari https://pisa2018-maths.oecd.org/

Permata, B., Wahyono, H., & Wardoyo, C. (2017). Bahan Ajar Berbasis Cerita untuk Menanamkan Literasi Ekonomi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 356–362.

Rony, Z. T., Lubis, F. M., & Rizkyta, A. (2019). Job shadowing as one of the effective activities in the promotion process creates quality managers. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(2 Special Issue), 388–396.

Santini, C. (2017). Ecopreneurship and Ecopreneurs : Limits , Trends and Characteristics. 2010. https://doi.org/10.3390/su9040492

Schaltegger, S. (2014). A Framework for Ecopreneurship. Greener Management International, 2002(38), 45–58. https://doi.org/10.9774/gleaf.3062.2002.su.00006

Schaper, M. (2002). The Essence of Ecopreneurship 26–30. Greener Management International, 2002 (02), 26–30. https://doi.org/10.9774/gleaf.3078.2002.su.00003

Liebowitz. J., (2016). Financial Literacy Education. USA. Taylor & Francis Group.

UNICEF (2012). Child Social and Financial Education. A Companion to the Child Friendly Schools Manual Unit for Children, (pp.38-41).

Wildová, R. (2014). Initial Reading Literacy Development in Current Primary School Practice. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 159, 334–339. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.383

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Aryanto, S., Hartati, T., Maftuh, B., & Darmawan, D. (2022). SASTRA ANAK BERBASIS ECOPRENUERSHIP SEBAGAI MUATAN PEMBELAJARAN LITERASI FINANSIAL DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 722–737. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2569

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)