KEMAMPUAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MEMBUAT PERTANYAAN PRA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL RADEC
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2688Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmana kemampuan guru sekolah dasar dalam membuat pertanyaan pra pembelajaran menggunakan model RADEC. Metode yang digunakan adalah Survey. Partisipan penelitian adalah guru sekolah dasar yang ada di wilayah Kabupaten Purwakarta dan sekitarnya dengan jumlah 32 orang. Data penelitian diperoleh secara online menggunakan angket melalui media google form. Analisis kemampuan guru sekolah dasar dalam membuat pertanyaan pra pembelajaran menggunakan model RADEC terbagi menjadi 4 indikator yaitu dengan (1) pengetahuan guru tentang pertanyaan prapembelajaran dalam model RADEC, (2) pengetahuan guru tentang pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui pertanyaan prapembelajaran, (3) respon guru dalam membuat pertanyaan prapembelajaran, (4) kendala pembuatan pertanyaan prapembelajaran. Berdasarkan rata-rata porsentasi tiap indikator menunjukan porsentasi yang tinggi Adapun Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru bukan hanya bertugas sebagai penyampaikan materi saja melainkan harus mampu mengembangkan segala potensi yang ada pada diri siswa. Sebagai bagian dari model RADEC, Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membuat pertanyaan prapembelajaran.
Keywords:
pertanyaan, prapembelajaran, sekolah dasar, radecDownloads
References
Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Andini, S. R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model RADEC pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1435–1443. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.960
Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25.
Creswell, J. W. (2014). A Concise Introduction to Mixed Methods Research | SAGE Publications Inc. In Sagepub.
Eskenazi, M. A., & Folk, J. R. (2015). Reading skill and word skipping: Implications for visual and linguistic accounts of word skipping. Journal of Experimental Psychology: Learning Memory and Cognition. https://doi.org/10.1037/xlm0000156
Firdaus, A. R., Wardani, D. S., Altaftazani, D. H., Kelana, J. B., & Rahayu, G. D. S. (2020). Mathematics learning in elementary school through engineering design process method with STEM approach. In Journal of Physics: Conference Series, (Vol. 1657, No. 1, 012044). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012044
Jaya, G. A., & Kelana, J. B. (2022). Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Bar Modelling Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(1), 18-24.
Kelana, J. B., Robandi, B., & Widodo, A. (2022). Inquiry Model: How to Improve the Ability of the Nature of Science and Its Aspects in Elementary School? International Journal of Elementary Education, 6(2). https://doi.org/doi.org/10.23887/ijee.v6i2.45611
Kelana, J. B., Wardani, D. S., & Wulandari, M. A. (2021). Learning Methods and Critical Thinking Ability on Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 69–76. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.29940
Kusumaningpuri, A. R., & Fauziati, E. (2021). Model Pembelajaran RADEC dalam Perspektif Filsafat Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 103–111. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1169
Lestari, H., Sopandi, W., Sa’ud, U. S., Musthafa, B., Budimansyah, D., & Sukardi, R. R. (2021). The impact of online mentoring in implementing radec learning to the elementary school teachers’ competence in training students’ critical thinking skills: A case study during covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. https://doi.org/10.15294/JPII.V10I3.28655
Musa, K., Saad, N., Tamby Chek, I., & Mahdinezhad, M. (2017). Proses Pendidikan Sumber Kerangka Perpaduan dan Pembinaan Moral Jati Diri Bangsa dalam Konteks Penganalisisan Sosio Politik. Management Research Journal. https://doi.org/10.37134/mrj.vol6.6.2017
Muslim, F., Putra, I., & Nasori, A. (2021). Desain Pembelajaran Adaftif Berbasis Vicon melalui Model Radec bagi Peserta Didik yang Kesulitan Belajar Selama Pandemi Covid-19. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1660
Niarsa, A. (2013). Studi Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di SD Negeri 01 Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. In Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies.
Nofrion, N., & Wijayanto, B. (2018). Learning Activities In Higher Order Thinking Skill (Hots) Oriented Learning Context. Geosfera Indonesia. https://doi.org/10.19184/geosi.v3i2.8126
Pohan, A. A., Abidin, Y., & Sastromiharjo, A. (2021). Model Pembelajaran RADEC Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV .
Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran). https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12653
Rahman, A., Suherman, A., Susilawati, D., & Putra, G. P. (2020). RADEC (reading, answering, demonstrating, explaining, and creating) in lms to teach tennis without field practicing. Universal Journal of Educational Research. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081146
Rohmawatiningsih, W., Rachman, I., & Yayoi, K. (2021). The implementation of RADEC learning model in thematic learning to increase the concept understanding of electrical phenomenon. Momentum: Physics Education Journal. https://doi.org/10.21067/mpej.v5i2.5412
Sidik, G. T., Kelana, J. B., Altaftazani, D. H., & Firdaus, A. R. (2020). The Effect Of Macromedia Flash Based Learning Media To Improve The Ability To Calculate Of Students In Elementary School. PrimaryEdu - Journal of Primary Education. https://doi.org/10.22460/pej.v4i2.1805
Smagorinsky, P. (2018). Deconflating the ZPD and instructional scaffolding: Retranslating and reconceiving the zone of proximal development as the zone of next development. In Learning, Culture and Social Interaction. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2017.10.009
Sopandi, W. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 19–34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1853
Sukardi, R. R., Sopandi, W., Sutinah, C., Yanuar, Y., Suhendra, I., & Sujana, A. (2021). Did Online Coaching Increase Teachers’capability In Implementing Radec To Stimulate Pupils’creativity In The Topic Of Mixture Separation And Electricity? Journal of Engineering Science and Technology, 73 – 80.
Sukmawati, D., Sopandi, W., Sujana, A., & Muharam, A. (2021). Kemunculan Aspek Karakter Siswa SD melalui Pembelajaran RADEC dengan Menggunakan WhatsApp pada Materi Siklus Air. Jurnal Basicedu, 5(4), 1787–1798. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.993
Suparni, S. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v3i2.716
Surani, D., & Mifthahudin, M. (2018). Kompetensi Guru Dan Motivasi Mengajar Guru Berpengaruh Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di Smk Negeri 3 Kota Serang. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(1), 149–158. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1227
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233
Tulljanah, R., & Amini, R. (2021). Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1680
Wardani, D. S., Kelana, J. B., & Jojo., Z. M. M. (2021). Communication Skills Profile of Elementary Teacher Education Students in STEM-based Natural Science Online Learning. Profesi Pendidikan Dasar, 8(2), 98-108. https://doi.org/dx.doi.org/10.23917/ppd.v7i1.9652
Wulandari, M. A., Senen, A., Wardani, D. S., & Kelana, J. B. (2022). Local Wisdom-Based Movable Book as A Teaching Material to Enhance Nationalism in the 21st Century. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(1), 57–68. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i1.202205
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jajang Bayu Kelana, Wahyu Sopandi, Anugrah Ramadhan Firdaus, Yusup Maulana, Linda Hania Fasha, Ida Fiteriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).