MEMBENTUK LITERASI MEMBACA PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fransiska Jaiman Madu Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Mariana Jediut Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2436

Keywords:

literasi membaca, program GLS

Abstract

Pelaksanaan program GLS di SDK St. Yosefa Labuan Bajo mengalami kendala karena sekolah tidak memiliki persediaan buku yang memadai. Selain itu, tidak semua guru memiliki konsep tepat mengenai literasi membaca. Penelitian ini bertujuan; (1) mendeskripsikan upaya sekolah mengoptimalkan pelaksanaan GLS di tengah minimnya persediaan buku; (2) mendeskripsikan upaya sekolah menjadikan guru sebagai model/figur teladan  literasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskripstif. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Sumber data dalam penelitian yakni kepala sekolah, perwakilan dari guru, dan petugas perpustakaan. Adapun teknik analisis data mengikuti pola yang dipopulerkan Miles dan Hubermen, yang terdiri dari  reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa begitu banyak upaya yang telah dilakukan sekolah baik terkait upaya sekolah mengoptimalkan pelaksanaan GLS di tengah minimnya buku nonteks,  maupun upaya sekolah dalam menyadari guru akan pentingnya penerapan GLS.  Upaya-upaya yang dilakukan telah membuahkan hasil positif. Hal ini ditunjukkan oleh meningkatnya pengunjung perpustakaan setiap hari, papan mading dan pojok baca selalu ramai dikunjungi siswa, dan guru selalu berkesempatan mengecek dan membimbing anak-anak sesuai jadwal. Upaya yang dilakukan telah membentuk pola kebiasaan pada peserta didik yang terjadi secara konsisten tanpa paksaan guru. Dengan kata lain, kebiasaan membaca telah terbentuk dan pola ini berlangsung sampai sekarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriani, A.-N., & Ariyani, Y. D. (2018). Membangun Budaya Literasi Permulaan bagi Siswa SD Kelas Awal melalui Pop Up Book. In Prosiding Seminar Nasional “Menjadi Pembelajar Sepanjang Hayat dengan Literasi sebagai Upaya Memajukan Pendidikan Anak Bangsa.” Retrieved from http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1792

Baba, J., & Affendi, F. R. (2020). Reading habit and students’ attitudes towards reading: A study of students in the faculty of education UiTM puncak alam. Asian Journal of University Education, 16(1), 109–122. https://doi.org/10.24191/ajue.v16i1.8988

Barber, A. T., & Klauda, S. L. (2020). How Reading Motivation and Engagement Enable Reading Achievement: Policy Implications. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences, 7(1), 27–34. https://doi.org/10.1177/2372732219893385

Chandra, Rahman, Damaianti, V. S., & Syaodih, E. (2021). Krisis Kemampuan Membaca Lancar Anak Indonesia Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 903–910. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.848

Fikriyah, Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 94–107. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937

Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap pembiasaan dan Pengembangan Literasi di SD Sukoejo Kediri. Jurnal Basa Taka, 1(2), 29–34.

Hidayah, L. (2017). Implementasi budaya literasi di sekolah dasar melalui optimalisasi perpustakaan: Studi kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya. JU-Ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 1(2), 48–58. Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/article/view/791

Kemdikbud. (2021). Enam Komponen Literasi Dasar. Jendela Kemendikbud, 1–4.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah.

Lubis, S. S. W. (2020). Membangun Budaya Literasi Membaca dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian, 127–135.

Muslimin. (2018). Penumbuhan Budaya Literasi Melalui Peningkatan Minat Baca Masyarakat desa. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 107–118.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB (pp. 146–156).

Rahmawati, A. (2016). Studi Literatur Literasi Emosi. In SEMINAR ASEAN 2nd PSYCHOLOGY & HUMANITY (pp. 45–51).

Sadli, M., & Saadati, B. A. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Septiana, T. I., & Ibrohim, B. (2020). Berbagai Kegiatan Membaca untuk Memicu Budaya Literasi di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(01), 41–54.

Susilowati, S. (2016). Meningkatkan Kebiasaan Membaca Buku Informasi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1), 41–49.

Tekşan, K. (2019). The Perceptions of Students Studyıng in the Faculty of Education Towards Reading in Terms of Theır Reading Motivations. International Journal of Progressive Education, 15(5), 162–184. https://doi.org/10.29329/ijpe.2019.212.12

Tralagba, C. E. (2018). School Libraries as Catalyst for the Development of Reading Culture among Students. Journal of Information and Knowledge Management, 9(1), 80–88.

Wahyuningsih, S. (2021). Modul Literasi Baca Tulis di Sekolah Dasar. modul.

Wana, P. R., & Dwiarno, P. A. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Budaya Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 133–142.

Warsihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik). Jurnal Kwangsan, 4(2), 67–80. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v4i2.84

Wiedarti, Pangesti; Laksono, K., Retnaningdyah, P., Dewayani, S., Muldian, W., Sufyadi, S., Roosaria, D. R., … Antoro, B. (2019). Gerakan Literasi Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2022-07-23

How to Cite

Madu, F. J., & Jediut, M. (2022). MEMBENTUK LITERASI MEMBACA PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 631–647. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2436

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)