PENERAPAN METODE MNEMONIC DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2516Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik di SD Negeri Tegallega pada tahun ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini supaya motivasi siswa kelas III meningkat dengan memakai metode mnemonic. Metode Penelitian ini Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil angket akhir dan hasil observasi setiap tindakan. proses pembelajaran dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan metode mnemonic. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode mnemonic dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III di SD Negeri Tegallega. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan dari sebelum tindakan dan setiap siklus. Sebelum melakukan tindakan persentase siswa yang memiliki motivasi belajar dalam kategori baik adalah 31%. Pada siklus I persentase siswa yang memiliki motivasi belajar dalam kategori baik belajarnya adalah 73%. Pada siklus II persentase siswa yang memiliki motivasi belajar dalam kategori baik adalah 94%. Kesimpulan, adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan metode mnemonic yang dicapai siswa kelas III di SDN Tegallega.
Keywords:
metode mnemonic, motivasi belajar, pembelajaran tematikDownloads
References
Arief, M., & Rusman. (2019). Manajemen Kuriulum Berbasis Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dasar Negeri Ujung Menteng 01 Pagi Jakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12, 38–54.
Chaplin, J. (2011). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: P.T Raja Grafindo Persada.
Endarwati, E., & Widjajanti, D. (2016). Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas 4 Melalui Media Visual Interaktif. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9.
Hayat, B. (2010). Prinsip-prinsip dan Strategi Penilaian di Kelas. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendiknas.
Juliana, C. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Melalui Metode Pembelajaran Mnemonic. Jurnal Global Edukasi, I(6), 711–716.
Pratama, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 88–95.
Rahmatia, B. (2018). Penerapan Metode Mnemonic Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 42 Mataram Tahun 2017/2018.
Ramadhani, H. (2017). Efektivitas Metode Pembelajaran SCL (Student Centered Learning) dan TCL (Teacher Centered Learning) pada Motivasi Instrinsik & Ekstrinsik Mahasiswa Psikologi UNTAG Surabaya Angkatan Tahun 2014-2015. Persona; Jurnal Psikologi Indonesia, 6, 66–74.
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei, I, 189–212.
Sardiman, A. . (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, S. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Motion Grafic Berbasis Software Adobe After Effect untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMKN 1 Sukalarang.
Simanjuntak, H. (2020). Motivasi Belajar Mempengaruhi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar (Studi Pada SDN 064021 Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan). As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, I, 149–157.
Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2016). Pengembangan Insrumen Motivasi Belajar Fisika : Angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 13–21.
Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139–144. http://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2142
Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VI(1), 87–93.
Williams, K. C., & Williams, C. C. (2012). Five key ingredients for improving student motivation. Research in Higher Education Journal, 8, 1–23.
Yanto, A. (2017). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Materi Sifat-sifat Cahaya dan Manfaatnya pada Mata Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Pendekatan Metode Keterampilan Proses dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar yang Dicapai Siswa Kelas V di SDN Cigasong III. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).
Yanuarti, E. (2017). Pemikiran Pendidikan KI Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Iqlima Nurfadilah, Din Azwar Uswatun, Astri Sutisnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).