PERAN DOSEN PPKn DALAM MENANAMKAN CIVIC DISPOSITION BAGI MAHASISWA PGSD DI ERA INDUSTRY 4.0

Authors

  • Sama' STKIP PGRI Sumenep
  • Kurratul Aini

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2499

Abstract

Era revolusi industri 4.0 ini mengharuskan dunia pendidikan untuk berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman yang mengharuskan terciptanya SDM unggul dan berpengetahuan untuk dapat memfilter hal-hal yang negatif yang dapat membunuh karakter kewaganegaraan (Civic Disposition) masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dosen pengampuh mata kuliah PPKn dalam menanamkan civic disposition pada mahasiswa prodi PGSD di era revolusi 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara dan angket. Teknik anaslisis data dalam penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan dari data tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman civic disposition kepada mahasiswa melalui mata kuliah PPKn di STKIP PGRI Sumenep belum maksimal, hal itu dikarenakan dalam proses perkuliahan hanya menerapkan pemahaman secara teori saja, tidak menekankan kepada pembentukan niali-nilai moral dan civic disposition mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan teknologi di revolusi industri 4.0 tidak hanya memberikan dampak positif, namun juga dampak negatif, sehingga peran dosen pengampuh mata kuliah PPKn dalam mengembangkan civic disposition pada mahasiswa di era revolusi industry 4.0 ini sangat dibutuhkan dan interest, dan PPKn merupakan sebuah mata kuliah yang berbasis pembentukan moral dan civic disposition mahasiswa.

Keywords:

Lecturers in PPKn, Civic Disposition, Industrial Era 4.0

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, K. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 218-228.

Aini, K. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Tipe Flipped Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Digital, 1(1), 42-49.

Aini, K., Prihandoko, A. C., Yuniar, D., & Faozi, A. K. A. (2020, May). The students’ mathematical communication skill on caring community-based learning cycle 5E. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1538, No. 1, p. 012075). IOP Publishing.

Aini, K., & Ridwan, M. (2021). Students'higher Order Thinking Skills Through Integrating Learning Cycle 5e Management With Islamic Values In Elementary School. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), 142-156.

Arliman, L. (2020). Tantangan Pendidikan Kewarganegaraan Pada Revolusi 4.0. Ensiklopedia Sosial Review, 2(3), 333–339. https://doi.org/10.33559/esr.v2i3.647

Depdiknas. (2005). Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Depdiknas.

Faozi, A. K. A., Hobri, Fatekurohman, M., Aini, K., & Yuniar, D. (2020). Student’s problem solving abilities in Project Based Learning (PjBL) based on Learning Community (LC). Journal of Physics: Conference Series, 1538(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012070

Irwan, I. (2021). Revitalisasi Civic Disposition Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 498–505. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.702

Kostina, E., Kretova, L., Teleshova, R., Tsepkova, A., & Vezirov, T. (2015). Universal Human Values: Cross-Cultural Comparative Analysis. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 214(June), 1019–1028. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.696

Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Civics, 14(2), 218–225. https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/17007

Pangalila, T. (2017a). Interaksi Sosial Dosen dan Mahasiswa dalam Proses Perkuliahan di Jurusan PPKn FIS UNIMA. PKn Progresif, 12(2), 699–706.

Pangalila, T. (2017b). Peningkatan civic disposition siswa melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). 7(1), 91–103. http://repository.unima.ac.id:8080/handle/123456789/426

Permendikbud. (2016). Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Putri, P. N., Bahrudin, F. A., & Fitrayadi, D. S. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menanamkan Civic Disposition bagi Peserta Didik di SMA Negeri 3 Kota Tangerang. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 10(1), 1–8.

Quigley, C. N., & Bahmueller, C. F. (1991). Civitas: A Frame Work for Civic Education. Center for Civic Education.

Rosita, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2022). Pendidikan Karakter Nilai Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 449–456.

Sama’, S., & Budiyono, F. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Sensitivitas Moral Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 118–126. https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2390

Schlechtendahl, J., Keinert, M., Kretschmer, F., Lechler, A., & Verl, A. (2015). Making Existing Production Systems Industry 4.0-ready. Production Engineering, 9(1), 143–148.

Sugiyono. (2013). Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Res. Dev.

Waldi, A., Reinita, Ladiva, H. B., & Luthfi, Z. F. (2019). Penguatan Civic Disposition ( watak kewarganegaraan ) bagi Guru Sekolah Dasar dalam Mempersiapkan Generasi Muda pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 No 2, 15–23.

Downloads

Abstract Views : 477
Downloads Count: 545

Published

2022-07-11

How to Cite

Sama’, & Aini, K. . (2022). PERAN DOSEN PPKn DALAM MENANAMKAN CIVIC DISPOSITION BAGI MAHASISWA PGSD DI ERA INDUSTRY 4.0. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 670–678. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2499

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.