PERAN DOSEN PPKn DALAM MENANAMKAN CIVIC DISPOSITION BAGI MAHASISWA PGSD DI ERA INDUSTRY 4.0
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2499Abstract
Era revolusi industri 4.0 ini mengharuskan dunia pendidikan untuk berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman yang mengharuskan terciptanya SDM unggul dan berpengetahuan untuk dapat memfilter hal-hal yang negatif yang dapat membunuh karakter kewaganegaraan (Civic Disposition) masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dosen pengampuh mata kuliah PPKn dalam menanamkan civic disposition pada mahasiswa prodi PGSD di era revolusi 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara dan angket. Teknik anaslisis data dalam penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan dari data tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman civic disposition kepada mahasiswa melalui mata kuliah PPKn di STKIP PGRI Sumenep belum maksimal, hal itu dikarenakan dalam proses perkuliahan hanya menerapkan pemahaman secara teori saja, tidak menekankan kepada pembentukan niali-nilai moral dan civic disposition mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan teknologi di revolusi industri 4.0 tidak hanya memberikan dampak positif, namun juga dampak negatif, sehingga peran dosen pengampuh mata kuliah PPKn dalam mengembangkan civic disposition pada mahasiswa di era revolusi industry 4.0 ini sangat dibutuhkan dan interest, dan PPKn merupakan sebuah mata kuliah yang berbasis pembentukan moral dan civic disposition mahasiswa.
Keywords:
Lecturers in PPKn, Civic Disposition, Industrial Era 4.0Downloads
References
Aini, K. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 218-228.
Aini, K. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Tipe Flipped Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Digital, 1(1), 42-49.
Aini, K., Prihandoko, A. C., Yuniar, D., & Faozi, A. K. A. (2020, May). The students’ mathematical communication skill on caring community-based learning cycle 5E. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1538, No. 1, p. 012075). IOP Publishing.
Aini, K., & Ridwan, M. (2021). Students'higher Order Thinking Skills Through Integrating Learning Cycle 5e Management With Islamic Values In Elementary School. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), 142-156.
Arliman, L. (2020). Tantangan Pendidikan Kewarganegaraan Pada Revolusi 4.0. Ensiklopedia Sosial Review, 2(3), 333–339. https://doi.org/10.33559/esr.v2i3.647
Depdiknas. (2005). Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Depdiknas.
Faozi, A. K. A., Hobri, Fatekurohman, M., Aini, K., & Yuniar, D. (2020). Student’s problem solving abilities in Project Based Learning (PjBL) based on Learning Community (LC). Journal of Physics: Conference Series, 1538(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012070
Irwan, I. (2021). Revitalisasi Civic Disposition Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 498–505. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.702
Kostina, E., Kretova, L., Teleshova, R., Tsepkova, A., & Vezirov, T. (2015). Universal Human Values: Cross-Cultural Comparative Analysis. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 214(June), 1019–1028. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.696
Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Civics, 14(2), 218–225. https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/17007
Pangalila, T. (2017a). Interaksi Sosial Dosen dan Mahasiswa dalam Proses Perkuliahan di Jurusan PPKn FIS UNIMA. PKn Progresif, 12(2), 699–706.
Pangalila, T. (2017b). Peningkatan civic disposition siswa melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). 7(1), 91–103. http://repository.unima.ac.id:8080/handle/123456789/426
Permendikbud. (2016). Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Putri, P. N., Bahrudin, F. A., & Fitrayadi, D. S. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menanamkan Civic Disposition bagi Peserta Didik di SMA Negeri 3 Kota Tangerang. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 10(1), 1–8.
Quigley, C. N., & Bahmueller, C. F. (1991). Civitas: A Frame Work for Civic Education. Center for Civic Education.
Rosita, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2022). Pendidikan Karakter Nilai Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 449–456.
Sama’, S., & Budiyono, F. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Sensitivitas Moral Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 118–126. https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2390
Schlechtendahl, J., Keinert, M., Kretschmer, F., Lechler, A., & Verl, A. (2015). Making Existing Production Systems Industry 4.0-ready. Production Engineering, 9(1), 143–148.
Sugiyono. (2013). Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Res. Dev.
Waldi, A., Reinita, Ladiva, H. B., & Luthfi, Z. F. (2019). Penguatan Civic Disposition ( watak kewarganegaraan ) bagi Guru Sekolah Dasar dalam Mempersiapkan Generasi Muda pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 No 2, 15–23.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sama', Kurratul Aini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).