PENERAPAN MULTIMEDIA MATERI TEKS NONFIKSI KEARIFAN LOKAL KEDIRI RAYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2430Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berfikir kritis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia materi teks nonfiksi, sehingga banyak siswa yang belum mampu mencapai batas minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia materi teks nonfiksi kearifan lokal Kediri Raya melalui multimedia berbasis android di kelas IV SD Laboratorium UN PGRI Kediri semester II Tahun 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang tediri atas dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif dengan membandingkan data kuantitatif dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia berbasis android dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia materi teks nonfiksi kearifan lokal Kediri Raya siswa kelas IV SD Laboratorium. Peningkatan ini dibuktikan dengan tahap prasiklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 42%, pada siklus I meningkat menjadi 67%, pada siklus II meningkat menjadi 92%. Hasil dari penelitian ini hanya sampai pada siklus II, karena telah memenuhi indikator keberhasilan siswa dengan kriteria ketuntasan 75. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan multimedia berbasis android dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia materi teks nonfiksi.
Keywords:
kearifan lokal, keterampilan berfikir kritis, multimedia, teks nonfiksiDownloads
References
Afandi, M. (2018). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal ilmiah pendidikan dasar, 1(1), 1-19. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.1.1.1-19
Anggraeni, R. D., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Pengaruh Multimedia Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 96-101. http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i22019p096
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Anggraeny, E., & Khongput, S. (2022). Teachers’ Perceptions And Practices Of Critical Thinking Instruction In Indonesian Senior High Schools: A Case Study. Teflin Journal, 33(1), 1-26. http://dx.doi.org/10.15639/teflinjournal.v33i1/1-26
Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 15(2), 156-178. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578
Ilham, S. M., Kune, S., & Rukli, R. Pengaruh Model Pembelajaran RADEC Berbantuan Aplikasi Zoom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas VI SDN Kalukuang 1 Makassar di Era Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Primary Education, 4(2), 174-183. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i2.29262
Illahi, T. A. R. (2018). Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran materi jenis-jenis pekerjaan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4(3), 826-835. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p826-835
Khotimah, K., Widiati, U., Mustofa, M., & Ubaidillah, M. F. (2019). Autonomous English learning: Teachers’ and students’ perceptions. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 9(2), 371-381. https://doi.org/10.17509/ijal.v9i2.20234
Kristanto, A., Mustaji, M., & Mariono, A. (2017). The Development of Instructional Materials E-Learning Based On Blended Learning. International Education Studies, 10(7), 10. https://doi.org/10.5539/ies.v10n7p10
Kurjum, M., Muhid, A., & Thohir, M. (2020). Think-pair-share model as solution to develop students’ critical thinking in Islamic studies: is it effective?. Cakrawala Pendidikan, 39(1), 144-155. https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.28762
Manurung, S. R., & Panggabean, D. D. (2020). Improving students' thinking ability in physics using interactive multimedia based problem solving', Cakrawala Pendidikan, 39(2), 460-470. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.28205
Megawaty, D. A. (2020). Sistem Monitoring Kegiatan Akademik Siswa Menggunakan Website. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 98-101. https://doi.org/10.33365/jtk.v14i2.756
Meilasari, S., M, D., & Yelianti, U. (2020). Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(2), 195-207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849
Muchtar, F. Y., Nasrah, N., & Ilham,S. M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis I-Spring Presenter untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5520-5529. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1711
Pratama, E., & Meilani, R. I. (2019). Motivasi dan hasil belajar: sebuah studi pada siswa mata pelajaran kearsipan di smk. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008
Prasetyanti, N. M., Sari, D. N., & Sajidan, S. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan proses berpikir kognitif siswa kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 5(2), 1-7. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v5i2.9464
Rinaldi, A. A., Daryati, D., & Arthur, R. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan. Jurnal PenSil, 6(1), 7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v6i1.7231
Saidah, K., & Damariswara, R. (2021). Development of Interactive Folklore Based on Android Oriented to Local Wisdom to Improve Reading Comprehension of Elementary School Students. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 8(2), 276-290. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v8i2.7035
Sangsawang, T. (2020). An instructional design for online learning in vocational education according to a self-regulated learning framework for problem solving during the COVID-19 crisis. Indonesian Journal of Science and Technology, 5(2), 283-198. https://doi.org/10.17509/ijost.v5i2.24702
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1). https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316
Susilo, S. V. (2018). Refleksi Nilai-Nilai Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Upaya Upaya Mengembalikan Jati Diri Pendidikan Indonesia. Cakrawala Pendas, 4(1), 266411. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i1.710
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01). http://dx.doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
Tanjung, S. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Sejarah. Paramita: Historical Studies Journal, 25(2), 261-271. https://doi.org/10.15294/paramita.v25i2.5170
Wahyuni, D., Masykur, R & Pratiwi, D.D (2019). Pengembangan multimedia pembelajaran matematik dengan pendekatan matematika realistik. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 32-40. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1711
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Arim Septiawan, Endang Sri Mujiwati, Rian Damariswara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).