PENGARUH MODEL ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2422Abstract
Penerapan model ARIAS untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi awal penelitian dimana masih terdapat banyak kesulitan belajar yang dialami siswa sehingga berdampak dengan menurunnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan guna memperoleh informasi mengenai pengaruh model ARIAS bagi hasil belajar murid kelas IV Pendidikan Kewarganegaraan MIS Miftahul Athfal pada materi Globalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan rancangan kontrol group pretest-posttest design Partisipan dalam riset ini ialah 60 siswa MIS Miftahul Athfal Athfal kelas IV, dengan kelas IVB sebagai kelas eksperimen untuk pembelajaran dengan model ARIAS dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ARIAS berpengaruh terhadap hasil belajar murid MIS Miftahul Athfal pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam materi globalisasi dengan hasil pretest yaitu ialah 74,00 dengan skor rata-rata posttest adalah 86,00. Artinya nilainya ada peningkatan menjadi 12.00. sedangkan Nilai pre-tes rata-rata di kelas kontrol adalah 66,00 dan rata-rata posttest adalah 71,00. Artinya, nilainya meningkat menjadi 6,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya yakni model ARIAS memiliki pengaruh yang cukup besar bagi hasil belajar murid pada mata pelajaran PKn kelas IV MIS anak Miftahul Athfal di Kecamatan Kemang sebagai kelas eksperimen setelah perlakuan dengan memakai model ARIAS.
Keywords:
hasil belajar, model ARIAS, pendidikan kewarganegaraanDownloads
References
Razak, Abdul., (2010). Kompilasi Undang – Undang & Peraturan Bidang Pendidikan.
Amran, A., Fadil, K., & Kurnia, D. (2020). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Antara Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Pendekatan Problem Solving di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 19–29. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.600
Dewi, D. A., Sabaritha Nimaisa, G., Poetrie, S., & Amalia, C. (2022). Analisis Pemahaman Mahasiswa PPSD UPI Cibiru Terhadap Mata Kuliah Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1912
Endan Ratnawati SMA Negeri, R., Penyu, P., Simp Tiga Lirik Air Molek, J., & Merah Indragiri Hulu, T. (2018). Model Pembelajaran Arias Dengan Laboratorium Mini Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA. 2(1), 70–87.
Fadil, K., & Amran, A. (2020). Pengaruh Model Savi Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Pada Pembelajaran IPA. ESJ (Elementary School Journal) Volume 10 No. 4 Desember 2020, 10(4), 235–243.
Firdiani, D., Syarif, I., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., & Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, dan Satisfaction) dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 138 Kulinjang (Vol. 109, Issue 2).
Handayani, F., Yulianti, N., & Erita, Y. (2022). Desain Pembelajaran IPS dan PKn Berbasis Teknologi Informasi di Tingkat Sekolah Dasar serta Penggunaan Media Teknologi Informasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 6(1), 767–781. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2034
Khatimah, K., & Wayan Darmadi, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS mengunakan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika The Effect of the ARIAS Learning Model using the Experimental Method on Physics Learning Outcomes. In Jurnal Kreatif Online (JKO) (Vol. 9, Issue 2). http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jko
Lestari, A., Nursalam, N., & Mardhiah, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (assurance, relevance, interest, assesment, satisfaction) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Sungguminasa Kab. Gowa. MaPan, 5(1), 110–124. https://doi.org/10.24252/mapan.2017v5n1a8
Pasaribu, E., Sijabat, D., & Pematangsiantar, N. (2022). Hubungan Kecemasan Berkomunikasi dan Percaya Diri dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar. 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2441
Prasiscka, A., & Ganda Putra, F. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Berbantuan Ice Breaking Games Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik. In Maret (Vol. 8, Issue 1).
Rahmayanti, N. H., Mahfud, H., & Ardiansyah, R. (n.d.). Penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran daring mata pelajaran PKn di kelas V sekolah dasar.
Rizka Sari, N., Pendidikan Ekonomi, J., Ekonomi, F., & Negeri Padang, U. (2018). Maret 2020 Pengaruh Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran dan Intesitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 5 Padang Pada Mata Pelajaram Ekonomi Tahun Ajaran. 3(1). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/index
Rumantara, A., Nisa, K., Istiningsih, S., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran VCT (Value Clarificasion Technique) Terhadap Hasil Belajar PKN SISWA Kelas IV SD Inpres Lewintana Tahun Ajaran 2020. https://jurnal.educ3.org/index.php
Sufajar, A., Kurniawan, K., & Cahyani, I. (n.d.). Model Pembelajaran ARIAS (Asurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dalam Keterampilan Berbicara Siswa. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa
Suhandi, A. M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Penerapan Perilaku Jujur Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Academy of Education Journal, 13(1), 40–50. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.941
Syafira Putri Lubis, L., & Anwar, W. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Prosedur oleh Siswa Kelas XI SMA.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 khaidir fadil fadil, Amran Amran, Noor Isna Alfaien

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).