Kemampuan Bermotor Hebat Anak di TK Felix Fun Kids dan TK Fahria Hayana di Desa Pandau Permai

Indonesia

Authors

  • Yofika Dwi Strada Pendidikan Jasamani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Riau
  • Agus Sulastio Sulastio Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Universitas Riau
  • Aref Vai Vai Pendidikan Jasamani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31949/respecs.v4i2.2576

Keywords:

Motorik Kasar, Anak Usia Dini, Taman Kanak-Kanak

Abstract

Perkembangan motorik kasar pada anak usia prasekolah perlu mendapat perhatian lebih dari guru dan orang tua agar anak dapat melakukan tugas-tugas perkembangan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kamampuan motorik kasar anak di TK Felix Fun Kids dan TK Fahria Hayana di desa Pandau Permai. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dikemukakan, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa melalui test yang telah dilakukan dapat memberikan dampak pada gerak motorik kasar anak dan dengan cara memberikan motivasi pada diri anak serta juga memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan kegiatan satu persatu pada TK Felix Fun Kids dan TK Fahria Hayana di desa Pandau Permai. Berkembangnya kemampuan motorik kasar tersebut dapat dikatakan optimal dilihat berdasarkan dari hasil data observsai dan dokumentasi yang diperoleh pada setiap siklusnya. Dapat dilihat bahwa kondisi awal anak sebelum adanya tindakan menunjukkan kemampuan motorik kasar pada anak  bahwa indikator lokomotor pada percobaan pertama (56,11%) dari jumlah anak keseluruhan mulai berkembang dengan kategori cukup, pada pertemuan kedua berkembang menjadi (69,11%) dari jumlah keseluruhan anak berkembnag sesuai harapan dengan kategori baik. Sedangkan pada objek kontrol pada percobaan I mulai berkembang dengan kategori kurang pada (38,17%) dan percobaan kedua (54,17%) dengan mulai berkembang dengan kategori cukup, dengan demikian menunjukkan bahwa motorik kasar anak sudah berkembang dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghnaita, A. (2017). Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 219–234.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Beaty, J. (2013). bservasi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Ketujuh. PT Fajar Interpratama Mandiri.

Fadlillah, M. (2012). Desain pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Indra, G., & Gusril, G. (2019). TINJAUAN TENTANG MOTORIK KASAR MURID TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA PAINAN SELATAN KABUPATEN PESISIR SELATAN. Jurnal Stamina, 2(12), 106–117.

Komaini, A. (2017). Fundamental motor skills of kindergarten students (a survey study of the influence of financial condition, playing activity, and nutritional status). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 180(1), 012156.

Pratiwi, Y., & Kristanto, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar (Keseimbangan Tubuh) Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek Di Kelompok B Tunas Rimba II Tahun Ajaran 2014/2015. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2 Oktober).

Setyawan, D. A., Hadi, H., & Royana, I. F. (2018). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kota Surakarta. Jurnal Penjakora, 5(1), 17–27.

Sofyan, D., Fauzi, R. S., Sahudi, U., Rustandi, E., Priyono, A., & Indrayogi, I. (2022). Alternatif Meningkatkan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar: Pendekatan Bermain. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 438-448. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2260

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

Sulistyo, I. T., Pudyaningtyas, A., & Sholeha, V. (2021). Profil Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 9(3), 156–161.

Sumantri, M. S. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Downloads

Published

2022-06-23

How to Cite

Yofika Dwi Strada, Sulastio, A. S., & Vai, A. V. (2022). Kemampuan Bermotor Hebat Anak di TK Felix Fun Kids dan TK Fahria Hayana di Desa Pandau Permai: Indonesia. JOURNAL RESPECS (Research Physical Education and Sports), 4(2), 73–78. https://doi.org/10.31949/respecs.v4i2.2576