Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar

Penulis

  • Ahmad Saefudin Fiqri SDN SINDANGSARI
  • Astri Mulianati
  • Bernardus Richard Saputra
  • Hani Febrianti

Abstrak

ABSTRACT

This research was motivated by the low learning outcomes of class VI students at SDN Sindangsari, North Bogor District, Bogor City in Theme 5 Sub-theme 1. The aim of the study was to determine whether there was an increase in learning outcomes in Theme 5 Sub-theme 1 through the Application of the Problem Based Learning (PBL) Learning Model. The research subjects were students of class VI at SDN Sindangsari with a total of 30 students. Data collection techniques in this research activity using observation techniques, tests and documentation and carried out in 2 cycles. In this study using qualitative and quantitative descriptive data analysis techniques. To find out the achievement of student learning outcomes, the achievement criteria are set at 74 for a rating scale of 1-100. The results showed that the application of the Problem Based Learning (PBL) Learning Model could improve student learning outcomes in Theme 5 Sub-theme 1. The average student learning achievement in the pre-cycle was 71.67. After implementing the PBL model in cycle I, the average score increased to 79. And in cycle II, the average increased again to 90. Based on these results it can be concluded that the Problem Based Learning (PBL) Learning Model is able to improve learning outcomes Theme 5 Sub theme 1 in class VI students at SDN Sindangsari.

Keywords: Learning Outcomes, Problem Based Learning, Theme 5 Sub-theme 1

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas VI SDN Sindangsari Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor pada Tema 5 Subtema 1. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar pada Tema 5 Subtema 1 melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VI SDN Sindangsari dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 anak. Teknik pengumpulan data dalam kegiatan penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes serta dokumentasi dan  dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik, maka ditetapkan kriteria pencapaian sebesar 74 untuk skala penilaian 1-100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Tema 5 Subtema 1. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada pra siklus adalah 71,67. Setelah pelaksanaan model PBL pada siklus I rata-rata nilai meningkat menjadi 79. Dan pada siklus ke II meningkat lagi rata-ratanya menjadi 90. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan hasil belajar Tema 5 Subtema 1 pada peserta didik kelas VI SDN Sindangsari.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Tema 5 Subtema 1

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Problem Based Learning

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 84
Downloads Count: 320

Diterbitkan

2022-12-15

Cara Mengutip

Ahmad Saefudin Fiqri, Astri Mulianati, Bernardus Richard Saputra, & Hani Febrianti. (2022). Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar. Journal of Innovation in Primary Education, 1(2), 144–151. Diambil dari https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jipe/article/view/3934

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.