EVALUASI KETERLAMBATAN PENGIRIMAN PRODUK BAHAN BAKAR MINYAK MENGGUNAKAN LEAN SIX SIGMA

Abstract Views : 217 / Downloads Count: 253

Authors

  • Stenlee Rollandiaz Universitas Pertamina
  • Yelita Anggiane Iskandar Universitas Pertamina

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v10i1.8796

Keywords:

BBM, Pertamina Fuel Terminal, Keterlambatan Pengiriman, DPMO, Lean Six Sigma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan saran perbaikan terhadap terjadinya keterlambatan pengiriman pesanan produk bahan bakar minyak (BBM) dari PT Pertamina Fuel Terminal Bandung Group, Ujung Berung ke SPBU yang menjadi area pelayanannya. Data yang digunakan terkait jumlah dan persentase keterlambatan pengiriman pesanan BBM per shift. Diagram keterkaitan masalah juga disusun untuk memahami hubungan antar gejala masalah terkait kejadian keterlambatan pengiriman BBM sehingga ditemukan akar permasalahan yang kemudian diselesaikan melalui penelitian ini. Metode yang digunakan mencakup analisis data dengan alat bantu dan teknik berupa flowchart, diagram SIPOC, diagram tulang ikan, diagram kendali, dan analisis 5W+1H dalam kerangka Lean Six Sigma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fuel Terminal Bandung Group, Ujung Berung mempunyai nilai DPMO yang tinggi (46.076,64) dengan tingkat Sigma sebesar 3,229. Analisis menggunakan diagram tulang ikan mengungkap faktor-faktor penyebab keterlambatan pengiriman antara lain keterlambatan kedatangan awak mobil tangki, ketersediaan mobil tangki yang tidak mencukupi kebutuhan, keterbatasan kapasitas pengisian bahan bakar, keperluan tambahan memenuhi permintaan tambahan pengiriman pasokan ke depo lain, keterlambatan mobil tangki kembali ke depo, kesalahan pada sistem SIOD, kendala cuaca, dan kemacetan di sejumlah titik di sepanjang jalur pengiriman. Perbaikan terhadap faktor-faktor tersebut diusulkan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas proses pengiriman pesanan di masa selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brue, G. (2002). Six For Manager. Jakarta: Canary.

Chontanawat, J., Hunt, L. C., & Pierse, R. (2006). Causality Between Energy Consumption and GDP: Evidence from 30 OECD and 78 non-OECD Countries.

Echols, J. M., & Shadily, H. (2011). Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ervianto, W. I. (2004). Teori Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: Andi.

Gasperz, V., & Fontana, A. (2011). Lean Six for Manufacturing and Service Industries. Bogor: Vinchristo Publication.

Gasperzs, V. (2001). Total Quality Management. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hafiyyan, G. A. (2018). Mengendalikan Kualitas Hasil Produksi dengan Bantuan Control Chart.

Muhammad, G. N., & dkk. (2020). Optimalisasi Biaya Distribusi Beras Subsidi Dengan Model Transshipment. Jurnal Teknik Industri.

Pande, P. S., Neuman, R. P., & Cavanagh, R. R. (2002). The Six Way. Yogyakarta: Andi.

Setiawan, I., & Rahman, A. (2021). Penerapan Lean Manufacturing Untuk Meminimalkan Waste Dengan Menggunakan Metode VSM Dan WAM Pada PT XYZ. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Downloads

Published

26-02-2024

How to Cite

Rollandiaz, S., & Iskandar, Y. A. (2024). EVALUASI KETERLAMBATAN PENGIRIMAN PRODUK BAHAN BAKAR MINYAK MENGGUNAKAN LEAN SIX SIGMA . INFOTECH Journal, 10(1), 74–83. https://doi.org/10.31949/infotech.v10i1.8796

Issue

Section

Articles